Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghapus File Other atau Data Sistem di iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 27/02/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan iPhone yang perlu diketahui pengguna. Salah satunya adalah cara menghapus file Other di iPhone. Untuk diketahui, memori penyimpanan iPhone terdiri dari beberapa data, termasuk file Other.

Keberadaan file Other atau disebut juga dengan system data/data sistem di iPhone mungkin akan sedikit mengganggu pengguna, terutama ketika memori penyimpanan iPhone sudah atau hampir penuh.

Baca juga: Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Saat memori penyimpanan iPhone penuh, pengguna kiranya akan menghapus file Other atau data sistem. Ukuran data sistem di iPhone bisa dibilang cukup besar, bahkan mungkin bisa mencapai 10 GB.

Lantaran jadi salah satu yang menyebabkan memori penyimpanan penuh, pengguna penting untuk mengetahui cara menghapus data sistem di iPhone. Lantas, bagaimana cara menghapus file other di iPhone?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus file Other di iPhone dengan mudah dan praktis.

Apa itu data sistem atau file Other di iPhone?

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna mengetahui pengertian data sistem atau file other di iPhone. Lantas, apa itu data sistem di iPhone?

Untuk diketahui, data sistem adalah kategori penyimpanan di iPhone yang berisi berbagai jenis data cache atau data sementara. Data cache punya fungsi untuk membantu mempercepat proses memulai sistem pada perangkat.

Data cache itu bisa dihasilkan dari aplikasi bawaan iPhone seperti Safari dan data lainnya yang dihasilkan sistem operasi selama pengoperasian sehari-hari. Selain data cache, data sistem juga berisi elemen yang tak bisa dihapus seperti font, kamus, dan file database Cloudkit.

Contoh data sistem ini bisa dilihat melalui aktivitas penelusuran di browser Safari. Saat pengguna browsing menggunakan Safari, riwayat penelusurannya tidak tersimpan sebagai data aplikasi. Akan tetapi, data riwata itu akan tersimpan sebagai data sistem.

Besar data sistem di iPhone itu bersifat fluktuatif sesuai dengan kebutuhan sistem. Jadi, data sistem bisa berkurang dan bertambah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan sistem untuk mengoperasikan perangkat.

Lantaran berisi berbagai data yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat, data sistem pada dasarnya tidak dapat dihilangkan atau dihapus sepenuhnya dari iPhone. Namun, data sistem itu dapat dikurangi secara manual.

Cara menghapus data sistem di iPhone

Cara menghapus file Other di iPhone sejatinya bisa dilakukan dengan menghapus sumber-sumber yang menghasilkan data cache. Misalnya, pengguna bisa menutup aplikasi di latar belakang secara penuh.

Baca juga: Cara Menghapus Apple ID atau iCloud Orang Lain di iPhone, Penting Sebelum Beli iPhone Bekas

Kemudian, pengguna bisa menghapus aplikasi yang tak penting. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan beberapa cara menghapus file Other di iPhone adalah sebagai berikut.

1. Tutup aplikasi secara penuh

Aplikasi yang berada di latar belakang tidak sepenuhnya tertutup. Aplikasi di latar belakang akan disimpan menjadi data cache, yang akhirnya menambah ukuran data sistem di iPhone. Semakin banyak aplikasi di latar belakang, ukuran data sistem akan semakin bertambah.

Untuk itu, pengguna bisa menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang supaya ukuran data sistem berkurang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com