Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Bikin Video dan Audio "Fancam" Ciamik dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Kompas.com - 11/03/2024, 19:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kami sudah menguji kebolehan kamera Samsung S24 Ultra di konser Coldplay Singapura pada Januari lalu. Ketika itu, Coldplay manggung di National Stadium Singapura yang memiliki kapasitas 55.000 penonton.

Nah, kini, KompasTekno membawa Samsung S24 Ultra untuk merekam konser Ed Sheeran di Jakarta Internasional Stadium (JIS). JIS berkapasitas 82.000 orang ini merupakan stadion beratap penuh terbesar di Asia Pasifik.

Ketika merekam konser konser tunggal Ed Sheeran bertajuk "+–=÷x Tour Tour" (dibaca: Mathematics Tour) pada awal Maret lalu, Samsung S24 Ultra berhasil mengabadikan fancam yang bagus, HD, tajam, dan stabil.

Baca juga: Momen Magis Konser Taylor Swift di Singapura dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Selain kamera, kami juga terkesan dengan fitur zoom-in mic di Galaxy S24 Ultra. Ketika kamera melakukan zoom-in (3x, 5x, 10x, dst), zoom-in mic akan membuat mikrofon menangkap suara lebih dekat ke sumbernya. Ini membuat audio/suara penyanyi, musik, dan riuh penonton, semakin kencang.

Berikut kompilasi fancam konser Ed Sheeran di Jakarta. Seluruh video dan audio merupakan hasil rekaman asli dari Samsung S24 Ultra.

@kompastekno ladies and gentlement, this is Samsung S24U?????????? #s24ultra #edsheeran #zoom #fyp #CapCut #techtok ? im the drama - THIS IS GISELLE VOICE BITJ
@kompastekno Ed Sheeran +-=÷× Tour Jakarta 2024 best moments?? ???? Samsung #s24ultra ???? 2 Maret 2024 ????Jakarta Internasional Stadium #edsheeran #mathematicstour #perfect #shapeofyou #photograph #galwaygirl #jis #concert ? Galway Girl - Ed Sheeran

Untuk mendapatkan hasil fancam yang bagus seperti video di atas, KompasTekno memiliki beberapa trik.

Rekam 4K 30 fps

Pertama, rekam fancam dengan resolusi tinggi, yakni UHD (4K) 30 fps. Dengan ini, kami bisa merekam video dengan kualitas lebih tajam dan HD.

Perekaman dengan resolusi tinggi ini bakal menyita lebih banyak memori karena ukuran file-nya yang besar. Samsung S24 Ultra memiliki kapasitas RAM dan storage yang cukup besar, sehingga masih aman digunakan untuk merekam konser yang berlangsung sekitar 2 jam itu.

Pada beberapa kesempatan kami juga merekam dengan fitur "Pro Video". Fitur ini memungkinkan mengatur perekaman video manual lewat fitur Pro-Video. Pengguna bisa menyetel ISO, shutter speed, EV, white balance secara manual.

Baca juga: Merekam Video 4K 120FPS di Samsung S24 Ultra, Rekam Slow-Mo Auto Mulus

Rekam dengan zoom 5x dan 10x

Ilustrasi merekam konser Ed Sheeran menggunakan Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Ilustrasi merekam konser Ed Sheeran menggunakan Samsung S24 Ultra
Kedua, rekam dengan zoom 1x, zoom 3x, zoom 5x, dan zoom 10x.

Saat konser Ed Sheeran, kami duduk di tribun kategori Orange B yang jaraknya cukup jauh ke panggung. Jadi, kami sangat mengandalkan zoom untuk merekam Ed Sheeran dengan lebih dekat.

Kami menggunakan kamera 200 MP untuk merekam suasana panggung secara keseluruhan. Lalu, kami menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom optis 3x dan kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x untuk merekam penampilan Ed Sheeran di atas panggung 360 derakat itu.

Kami juga mengandalkan zoom digital 10x untuk mengabadikan ekspresi Ed Sheeran lebih dekat. Walau duduk di tribun, fancam kami bisa menangkap ekspresi sumringah, keringetan, dan rambut lepeknya Ed Sheeran.

Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x ini terbilang istimewa karena membawa peningkatan di aspek piksel yang 1,6 kali lebih besar, ditambah dengan Telephoto OIS yang lebih lebar dibandingkan Samsung S23 Ultra. Hal ini membuat pengambilan gambar zoom menjadi lebih cerah dan stabil.

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com