Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition

Kompas.com - 14/03/2024, 13:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan tablet terbarunya, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia, Kamis (14/3/2024).

Tablet ini bisa dibeli dengan harga Rp 6.899.000 untuk satu-satunya varian RAM dan media penyimpanan (storage) yang tersedia, yakni 8 GB/256 GB.

Dengan harga seperti ini, tablet mengunggulkan layar PaperMatte yang disebut menawarkan berbagai kelebihan dibanding layar biasa.

Salah satunya adalah kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan layar tablet ini dalam penggunaan jangka waktu lama, khususnya bagi mata dan otak pengguna. Sebab, layar ini punya teknologi anti-glare, yang diklaim mereduksi pantulan cahaya hingga 97 persen.

KompasTekno berkesempatan menjajal tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition, dalam sebuah acara peluncuran di kantor Huawei, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2024). Tablet ini tersedia dalam satu opsi warna, yaitu abu-abu alias Space Grey.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition Resmi di Indonesia, Bawa Layar Bebas Refleksi Cahaya

Dari segi desain, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition hadir dengan ukuran yang ringkas, tepatnya dengan dimensi 260,88 mm x 176,82 mm x 6,85 mm dengan bobot 499 gram.

Tablet ini tidak berat untuk dibawa-bawa baik dengan satu tangan maupun dengan dua tangan. Perangkat pun tidak terasa licin, tetapi sebaiknya pengguna tetap membawanya dengan dua tangan agar tablet tidak terjatuh.

Adapun Huawei MatePad 11.5 edisi PaperMatte tampak dirancang untuk penggunaan horizontal alias landscape. Sebab, posisi kamera selfie berada di tengah ketika tablet digunakan secara horizontal.

Saat diletakkan secara vertikal, kamera depan akan berada di posisi pinggir kanan tablet.

Untuk bodinya sendiri, Huawei MatePad terbaru ini menggunakan bahan logam sehingga kokoh. Bagian punggung ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari ketika kami pegang.

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition menggunakan bahan metal sehingga kokoh. Bagian punggung ini tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika kami pegang.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition menggunakan bahan metal sehingga kokoh. Bagian punggung ini tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika kami pegang.
Bagian punggung ini terlihat cukup elegan, dilengkapi dengan tulisan "Huawei" di tengah tablet (dalam penggunaan horizontal) diikuti dengan nomor model dan tulisan "Made in China" (Dibuat di China) di bagian bawah tablet.

Di bagian kanan atas tablet, terdapat kamera utama dengan resolusi 13 MP (f/1.8, Autofocus). Kamera ini mendukung berbagai fitur fotografi seperti Beauty, Panorama, Time-Lapse, AI Lens, dan lain sebagainya.

Baca juga: TWS Huawei FreeBuds 4E 2024 Meluncur, Baterai Lebih Awet

Beralih ke bagian depan tablet, Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition membawa layar TFT LCD 11,5 inci dengan resolusi 2.200 piksel x 1.440 piksel, refresh rate adaptif 60 Hz/120 Hz, rasio aspek 3:2, rasio layar ke bodi 86 persen, kerapatan piksel 229 ppi, dan saturasi 16,7 juta warna.

Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition membawa layar TFT LCD 11,5 inci dengan resolusi 2.200 piksel x 1.440 piksel, refresh rate adaptif 60 Hz/120 Hz, rasio aspek 3:2, rasio layar ke bodi 86 persen, kerapatan piksel 229 ppi, dan saturasi 16,7 juta warna.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition membawa layar TFT LCD 11,5 inci dengan resolusi 2.200 piksel x 1.440 piksel, refresh rate adaptif 60 Hz/120 Hz, rasio aspek 3:2, rasio layar ke bodi 86 persen, kerapatan piksel 229 ppi, dan saturasi 16,7 juta warna.
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, layar PaperMatte ini mempunyai teknologi anti-glare, yang disebut dapat mereduksi pantulan cahaya hingga 97 persen.

Dengan begitu, mata dan otak pengguna menjadi lebih nyaman serta tidak mudah lelah ketika melihat layar. Sebab, pengguna biasanya secara tidak sadar akan terus menyaring pantulan cahaya di layar, supaya mereka bisa melihat layarnya. Hal ini membuat mata dan otak lelah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com