Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 14/03/2024, 17:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp. Salah satu panduan dasar itu seperti cara memindahkan WhatsApp ke HP baru.

Cara transfer chat WhatsApp ke HP baru bakal sangat dibutuhkan pengguna, terutama ketika memiliki HP baru dan hendak memindahkan semua data di HP lama ke sana.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Data WhatsApp pada dasarnya merupakan data penting karena berisi riwayat chat dan media (foto, video, gambar, dan lainnya). Lantaran penting, saat berganti HP, data WhatsApp biasanya menjadi data yang wajib dipindahkan ke HP baru.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara memindahkan WhatsApp dari HP lama ke HP baru. Lantas, bagaimana cara memindahkan WhatsApp dari HP lama ke HP baru? Jika tertarik mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru itu bisa dibilang cukup mudah. Akan tetapi, caranya bisa berbeda-beda. Tindakan transfer chat WhatsApp ke HP baru memiliki cara yang beragam.

Keragaman cara itu didasarkan pada alur atau skema transfer antar perangkat. Sebagai informasi, HP saat ini secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu HP berbasis iOS (iPhone) dan HP Android.

Dari dua jenis HP itu, setidaknya terdapat empat skema transfer chat WhatsApp, yaitu pindah WhatsApp dari iPhone ke iPhone, Android ke Android, iPhone ke Android, dan Android ke iPhone. Tiap skema tersebut punya cara transfer chat WhatsApp yang berbeda.

Transfer chat WhatsApp bisa dikatakan lebih mudah dilakukan apabila dilakukan antar HP dengan platform yang sama, misal iPhone ke iPhone atau Android ke Android. Dalam skema perpindahan ini, pengguna bisa memakai layanan Cloud di masing-masing platform.

Jika transfer chat WhatsApp dari iPhone ke iPhone, pengguna bisa memakai layanan Cloud bawaan bernama iCloud. Sementara itu, jika transfer chat WhatsApp dari Android ke Android, pengguna bisa memakai layanan cloud bawaan bernama Google Drive.

Penjelasan mengenai cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa menghilangkan chat pada skema transfer antar platform yang sama bisa dilihat pada urutan dua teratas pada daftar di bawah ini.

1. Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru untuk skema dari iPhone ke iPhone

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone lama dan lakukan pencadangan data. Caranya klik opsi “Pengaturan” di aplikasi WhatsApp iPhone lama. Setelah itu, pilih opsi “Chat” dan lakukan pencadangan data ke iCloud.
  • Setelah itu, pada iPhone baru, login akun perangkat menggunakan akun Apple ID atau akun iCloud yang sama seperti di iPhone lama.
  • Buka WhatsApp di iPhone baru dan login menggunakan nomor telepon yang sama seperti di iPhone lama.
  • Selanjutnya, pengguna bakal diberikan pilihan untuk memulihkan data WhatsApp yang sebelumnya telah tercadangkan di iCloud pada iPhone lama.
  • Pilih file data WhatsApp yang hendak dipulihkan.
  • Tunggu proses pemulihan selesai dan chat WhatsApp dari iPhone lama bakal berpindah semua iPhone baru.

2. Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru untuk skema Android ke Android

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP Android lama dan lakukan pencadangan data. Caranya, klik opsi “Setelan” dan pilih opsi “Chat”. Setelah itu, pilih opsi “Cadangkan Chat” dan mulai lakukan pencadangan data Whatsapp ke Google Drive.
  • Setelah itu, pada HP Android baru, login akun Google yang sama seperti di iPhone lama untuk mengakses layanan Google Drive.
  • Kemudian, buka WhatsApp di HP Android baru dan login menggunakan nomor telepon yang sama seperti di HP Android lama.
  • Selanjutnya, pengguna bakal diberikan pilihan untuk memulihkan data WhatsApp yang sebelumnya telah tercadangkan di Google Drive pada HP Android lama.
  • Pilih file data WhatsApp yang hendak dipulihkan.
  • Jika proses pemulihan selesai, semua chat WhatsApp di HP Android lama bakal berpindah ke HP Android baru.

Dua cara di atas dapat dilakukan apabila pengguna ingin transfer chat WhatsApp antar perangkat dengan platform yang sama. Selain cara tersebut, ada juga cara pindah WhatsApp dengan skema transfer antar perangkat yang menggunakan platform berbeda.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah dan Praktis

Seperti yang sempat disebutkan di awal, skema itu misalnya, pindah WhatsApp iPhone ke Android atau Android ke iPhone. Pindah WhatsApp antar perangkat dengan platform berbeda tidak bisa dilakukan dengan layanan Cloud seperti dua cara di atas.

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa menghilangkan chat, untuk skema transfer antar perangkat beda platform bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

3. Cara transfer chat WhatsApp ke HP baru untuk skema iPhone ke Android

Sebelum mulai pindah WhatsApp iPhone ke Android, terdapat beberapa ketentuan yang perlu dipahami terlebih dahulu, yang antara lain:

  • Menggunakan Android Samsung, Google Pixel, atau perangkat dengan Android 12 atau versi yang lebih baru.
  • Memiliki aplikasi Samsung Smart Switch versi 3.7.22.1 ke atas di perangkat Android Samsung atau aplikasi pemulihan data Google yang biasanya sudah terpasang secara default di Google Pixel dan perangkat lain Android 12 ke atas.
  • Menggunakan WhatsApp versi 2.21.160.17 atau yang lebih baru di iPhone.
  • Menggunakan WhatsApp versi 2.21.16.20 atau yang lebih baru di Android setelah proses transfer selesai.
  • Menyiapkan kabel USB-C to Lightning.
  • Menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di iPhone.
  • HP Android yang jadi target transfer chat WhatsApp dari iPhone harus berada dalam kondisi pengaturan awal perangkat atau baru di-factory reset.

Bila telah memahami ketentuan di atas, berikut adalah cara memindahkan WhatsApp dari iPhone ke Android tanpa menghilangkan chat, sebagaimana dilansir laman resmi WhatsApp:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com