Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi HP Lipat Xiaomi Mix Fold 4, Bisa Telepon Satelit Dua Arah?

Kompas.com - 17/03/2024, 18:06 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi diyakini sedang menyiapkan ponsel lipat baru dari lini seri Mix Fold. Perangkat baru itu diduga kuat bakal disebut Mix Fold 4, mengingat ponsel lipat yang rilis Agustus tahun lalu diberi nama Mix Fold 3.

Sekarang, bocoran baru beredar di internet dan mengungkap desain dan spesifikasi Xiaomi Mix Fold 4. Bocoran itu dibagikan pembocor gadget (tipster) Digital Chat Station (DCS) di media sosial China, Weibo.

Menurut DCS, Mix Fold 4 akan hadir dengan desain lipatan yang lebih ramping, dibanding pendahulunya. Karena desainnya lebih ramping bobotnya juga kemungkinan menjadi 220 gram, lebih ringan dibanding Mix Fold 3 240 gram. Engselnya juga diklaim dibuat lebih tahan lama dan lebih tangguh.

Selain aspek desain, Mix Fold 4 konon akan membawa fitur-fitur baru. Beberapa di antaranya yaitu fitur komunikasi berbasis satelit dua arah, ketahanan dari air dan debu dengan sertifikasi IP-rating, terapi rinciannya belum terungkap. Selain itu, smartphone lipat ini juga bakal dibekali motor linier x-axis.

Baca juga: Xiaomi Mix Fold 3 Resmi, Ponsel Lipat dengan Kamera Periskop

Tipster itu juga membagikan spesifikasi kunci dari Mix Fold 4. Smartphone lipat ini kabarnya bakal hadir dengan RAM 16 GB, penyimpanan internal 1 TB dan baterai 5.000 mAh. Pengisian ulang baterainya disebut bakal didukung fast charging 100 watt.

Pada aspek kamera, Xiaomi Mix Fold 4 konon akan dibekali kamera belakang 50 MP, ditemani dengan lensa periskop baru. Besar kemungkinan, smartphone ini juga dilengkapi kamera ultra wide dan telefoto, tetapi resolusinya belum diketahui.

Urusan dapur pacu, smartphone ini diduga akan ditenagai System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (17/3/2024).

Perlu dicatat bahwa spesifikasi di atas baru sebatas bocoran. Xiaomi pun belum memberikan informasi apa pun soal ponsel lipatnya ini. Jadi, spesifikasi pastinya baru akan diketahui saat Mix Fold 4 dirilis resmi.

Nah, sembari menanti Xiaomi Mix Fold 4 rilis nanti, Anda bisa kilas balik spesifikasi pendahulunya, Mix Fold 3. Smartphone ini rilis pada Senin (14/8/2023) di China.

Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 3

Secara desain, Xiaomi Mix Fold 3 masih mengusung lipatan bak "buku" seperti pendahulunya, tetapi diklaim lebih tipis. Ponsel lipat ini memiliki dimensi ketebalan sekitar 5,3 mm ketika dibentangkan dan 10,9 mm ketika dilipat.

Dimensi ketebalan ini lebih tipis dibanding Galaxy Z Fold 5 dengan 6,1 mm ketika dibentangkan, dan 13,4 mm ketika dilipat.

Xiaomi menyebut desain yang tipis ini dikontribusi oleh sistem engsel (hinge) terbaru yang terdiri dari 198 komponen. Desain seperti ini diklaim bisa menghemat ruang ponsel sebesar 17 persen.

Pada aspek layar, Xiaomi Mix Fold 3 mengadopsi layar utama E6 OLED berukuran 8 inci (resolusi 1.960 x 2.160 piksel, refresh rate 120 Hz), serta layar sekunder 6,5 inci yang mengusung panel LTPO OLED.

Baca juga: HP Flagship Xiaomi 14 Dipastikan Rilis di Indonesia

Di aspek hardware, ponsel lipat ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan media penyimpanan dengan kapasitas hingga 1 TB.

Sementara untuk aspek software, perangkat terbaru Xiaomi ini menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka MiUI 14, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena.

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel lipat ini mencakup baterai 4.800 mAh yang mendukung pengisian cepat via kabel berdaya 67W, pengisian cepat nirkabel dengan daya 50W, dan masih banyak lagi.

Di pasar China, Xiaomi Mix Fold 3 dibanderol mulai dari 9000 yuan (sekitar Rp 19,5 juta) untuk varian paling dasar dengan RAM 12/256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com