Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Multitasking Ini Hilang di HyperOS Xiaomi, Gara-gara Google?

Kompas.com - Diperbarui 19/03/2024, 07:33 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi secara bertahap menghapus salah satu fitur yang tersedia di antarmuka terbarunya, HyperOS. Fitur yang dimaksud yaitu fitur yang memungkinkan pengguna memutar video dari layanan streaming di background.

Dengan fitur itu, pengguna bisa melakukan multitasking di perangkat, misalnya menikmati video dari YouTube sambil mengakses aplikasi lain. Jadi videonya tetap berputar meski pengguna keluar dari aplikasi YouTube.

Tayangan video akan tampil lewat layar kecil alias pop up di atas tampilan atau aplikasi lainnya yang sedang diakses pengguna.

Di antarmuka Xiaomi, fitur itu disebut "Play video sound with screen off".

Baca juga: Xiaomi Umumkan Daftar Terbaru Perangkat yang Kebagian HyperOS, Ada Redmi Pad SE

Pihak Xiaomi tidak merinci alasan di balik penghapusan fitur itu. Hanya menyebutkan bahwa penghapusan itu menyusul "syarat yang harus dipatuhi".

"Karena persyaratan yang harus dipenuhi, dengan berat hati kami informasikan kepada Anda bahwa kami menghapus 'Play video sound with screen off' di toolbox video dan fitur 'Turn off screen' di toolbox game lewat pembaruan over the air (OTA)," demikian keterangan Xiaomi lewat saluran Xiaomi Fans di Telegram.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur tersebut juga tidak ditemukan di menu toolbox video di perangkat Xiaomi 12 Lite dengan antarmuka HyperOS versi 8.8.0-240105.1.1.

Dalam postingan yang sama, Xiaomi juga membagikan versi antarmuka yang akan kehilangan fitur di atas. Artinya, perangkat yang menjalankan antarmuka versi tertentu yang masuk dalam daftar ini, bakal terdampak penghapusan fitur tersebut.

Salah satu contohnya yaitu Xiaomi 14 yang berjalan dengan HyperOS dan versi keamanan 8.6.4-231201.1.1 atau lebih tinggi, akan kehilangan fitur "Play video sound with screen off". Daftar lengkapnya bisa disimak pada gambar berikut.

Daftar UI Xiaomi yang terdampak penghapusan fitur putar video lewat backgroundXiaomi Daftar UI Xiaomi yang terdampak penghapusan fitur putar video lewat background

Baca juga: Xiaomi 14 Meluncur Secara Global, HP HyperOS dengan Kamera Racikan Leica

Gara-gara Google?

Xiaomi tidak menjelaskan alasan di balik keputusan penghapusan fitur itu. Usut punya usut hal ini ditempuh menyusul peringatan dari Google, dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Minggu (17/3/2024).

Sebab, Google tidak mengizinkan pengguna memutar video YouTube dari background, kecuali berlangganan YouTube Premium. Meski demikian, Google juga belum memberikan keterangan resmi soal hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com