Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di HP untuk Semua Operator, Mudah

Kompas.com - 19/03/2024, 03:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP (handphone). Perlu diketahui, kode MMI atau Man Machine Interface merupakan serangkaian angka atau kode untuk mengakses layanan tertentu di HP.

Kode MMI dapat diakses melalui menu panggilan atau dial up di HP. Kode MMI biasanya dibutuhkan ketika pengguna hendak mengakses beberapa layanan dari operator seluler yang dipakai di HP, seperti layanan cek sisa pulsa, cek kuota, atau cek paket internet.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

Selain itu, kode MMI juga berfungsi untuk mengakses beberapa informasi dasar di HP seperti nomor IMEI. Kode MMI mempermudah pengguna untuk mengakses layanan operator seluler dan informasi dasar di HP.

Dalam kondisi normal, saat pengguna memasukkan kode MMI di menu panggilan, layanan dan informasi yang diminta bakal langsung muncul di layar HP. Namun, ada pula kondisi yang membuat layanan itu tidak dapat muncul setelah memasukkan kode MMI di HP.

Pengguna bisa saja malah menjumpai masalah kode MMI tidak valid dengan terdapat pesan seperti ini “Connection problem or invalid MMI code” atau “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”.

Saat pesan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”, pengguna tak akan bisa mengakses layanan operator seluler melalui menu panggilan. Lantaran jadi tak bisa mengakses layanan, masalah kode MMI tidak valid mungkin bakal merepotkan pengguna.

Akan tetapi, pengguna tak perlu bingung dan panik ketika mengalami masalah kode MMI tidak valid dengan muncul pesan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”. Ada beberapa cara mengatasinya yang bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator, baik Telkomsel, XL, Indosat, maupun yang lainnya? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara mengatasi kode MMI tidak valid.

Penyebab kode MMI tidak valid

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab kode MMI tidak valid. Lantas, mengapa terjadi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid? Ada beberapa penyebab yang memungkinkan masalah ini terjadi.

Pertama, penyebab kode MMI tidak valid bisa ditimbulkan karena terdapat masalah pada jaringan seluler di HP. Untuk mengakses layanan operator seluler lewat kode USSD atau kode UMB di menu panggilan, jaringan seluler pengguna harus dalam kondisi yang memadai.

Kemudian, penyebab kode MMI tidak valid juga bisa ditimbulkan karena terdapat gangguan atau bug pada sistem perangkat lunak di HP. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan karena terdapat kesalahan pengaturan jaringan di HP.

Penyebab kode MMI tidak valid yang lainnya bisa dikarenakan gangguan yang terjadi pada operator seluler. Itulah beberapa penyebab kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator. Untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid, berikut adalah caranya.

Cara mengatasi kode MMI tidak valid

Cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator itu sejatinya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, pengguna perlu memastikan jaringan seluler di HP telah aktif.

Kemudian, pengguna juga bisa memastikan jaringan seluler memiliki sinyal yang memadai. Berikutnya, pengguna dapat memeriksa apakah sudah benar memasukkan kode MMI. Selain itu, masih terdapat banyak lagi cara yang bisa dilakukan.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator adalah sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com