Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tidak Bisa Membuat WhatsApp Status? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 18/03/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur Stories yang memungkinkan pengguna mengunggah momen berupa foto atau video singkat. Status WA biasanya hanya dapat diakses oleh pengguna yang saling menyimpan kontak WhatsApp.

Cara mengunggah status Whatsapp juga mudah. Pengguna hanya perlu beralih ke tab “Status” selanjutnya dapat mengunggah foto, video, atau merekamnya langsung. Selanjutnya tekan tombol kirim dan status WhatsApp pun terunggah.

Kendati demikian saat mengunggah WA status tak jarang pengguna menjumpai masalah atau eror yang terjadi. Salah satunya tidak bisa membuat status WA atau mengunggahnya dengan lancar.

Umumnya hal ini biasanya terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari internet yang tidak stabil, masalah server WhatsApp, atau file media yang terlalu besar. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Ramai Tampilan WhatsApp Android Berubah, Ini Bedanya dengan Versi Lama

Cek koneksi internet

Salah satu penyebab tidak bisa membuat WhatsApp Status adalah karena jaringan internet tidak stabil. Ini karena jaringan internet data Anda yang tidak stabil, WiFi yang sering terputus, maupun faktor cuaca.

Cara mengecek koneksi internet bisa Anda lalukan di situs www.speedtest.net. Anda juga bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat beberapa detik, kemudian mengaktifkan ulang jaringan data.

Kompres ukuran file status yang terlalu besar

Ketika Anda ingin mengunggah file media yang besar, seperti video, prosesnya bisa lebih lambat dari biasanya atau bahkan terhenti di tengah jalan. Hal ini yang tak jarang membuat pengunggahan status WhatsApp gagal.

Namun Anda bisa mengompres ukuran file video dengan langsung memotong video atau menggunakan aplikasi ketiga untuk mengurangi ukuran file. Salah satunya menggunakan aplikasi CapCut.

Ubah format file video yang diunggah

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengunggah berbagai jenis file media dalam berbagai format, seperti MP4, AVI, MKV, dan 3GP.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jika file media Anda berada dalam format selain yang disebutkan di atas, Anda tidak akan dapat mengunggahnya ke status WhatsApp. Hal ini berlaku untuk video atau gambar.

Jadi, pastikan untuk menggunakan format yang didukung oleh WhatsApp saat ingin mengunggah file media ke status Anda. Apabila format file yang akan Anda unggah tidak sesuai, maka Anda bisa melakukan convert file video menggunakan situs ketiga seperti convertio.co.

Memperbarui WhatsApp

Salah satu penyebab lain tidak bisa membuat WhatsApp Status dikarenakan aplikasi belum berada di versi terbaru. Pembaruan WhatsApp umumnya akan mengatasi bug atau error yang terjadi pada aplikasi. Selain itu update WhatsApp juga akan menampilkan fitur baru yang bisa digunakan pengguna.

Periksa tanggal dan waktu ponsel Anda

Jika tanggal dan waktu pada perangkat Anda tidak tepat, WhatsApp bisa jadi akan terpengaruh. Anda akan mengalami masalah seperti tidak bisa mengirim pesan atau mengunggah status WA. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut

  • Buka “Pengaturan” pada perangkat Anda.
  • Pilih opsi “Tanggal dan Waktu”
  • Aktifkan "Gunakan waktu yang disediakan oleh jaringan" dan "Gunakan zona waktu yang disediakan oleh jaringan"

Hapus cache WhatsApp

Bagi pengguna HP Android, Anda bisa menghapus cache WhatsApp. Cache sendiri merupakan data yang disimpan untuk membantu aplikasi atau situs web bekerja lebih cepat.

Namun, terkadang cache bisa membuat aplikasi atau situs web menjadi lambat. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan cache WhatsApp dari waktu ke waktu.

Cek server WhatsApp

Kemungkinan penyebab lainnya bisa jadi karena server WhatsApp sedang down. Server WA yang down akan terganggu dalam menggunakan aplikasi. Salah satunya saat mengunggah status. Untuk memastikannya, cek downdetector.com.

Apabila server WA memang mengalami eror, maka Anda bisa menunggu beberapa saat hingga server normal kembali dan melanjutkan untuk men
gunggah status WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Bisa Beri Tahu Chat Pengguna Aman dari Peretas atau Tidak

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com