Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 24/03/2024, 16:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan layanan aplikasi pesan instan WhatsApp. Salah satu masalah umum itu seperti WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Dalam hal ini, pengguna kiranya perlu mengetahui tentang penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp Web merupakan layanan WhatsApp yang dapat diakses melalui browser.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Jarang Diketahui, Sudah Coba?

Pengguna dapat mengakses WhatsApp Web dengan menautkan akun dari aplikasi WhatsApp utama di HP. Dalam kondisi normal, saat telah login akun, pengguna bisa langsung mengakses WhatsApp Web di browser untuk berkirim pesan.

Namun, ada kondisi lain yang membuat WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Saat tak bisa dibuka, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tidak dapat mengakses layanan di WhatsApp Web.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna penting mengetahui penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Lantas, kenapa WhatsApp Web tidak bisa dibuka? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka

Terdapa beberapa penyebab yang memungkinkan WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Pertama, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah perangkat pengguna seperti laptop atau komputer tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai.

Alhasil, saat perangkat tak tersambung dengan koneksi internet yang memadai, WhatsApp Web tidak bisa memuat data dengan baik.

Kemudian, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka juga bisa terjadi karena terdapat bug atau gangguan pada sistem perangkat lunak browser yang dipakai. Bug pada browser itu bisa menimbulkan sejumlah masalah dalam memuat website.

Selanjutnya, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah jumlah perangkat untuk mengakses WhatsApp Web, yang tertaut dengan akun WhatsApp pengguna, sudah mencapai batasnya.

Jika sudah mencapai batas, pengguna tak akan bisa login akun WhatsApp di WhatsApp Web pada perangkat baru. Kemudian, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka juga dapat terjadi karena terdapat gangguan pada server WhatsApp.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Penyebab ini penting diketahui supaya pengguna dapat mengidentifikasi masalah dan mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka saat mengalaminya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka? Untuk cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka, silakan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi persoalan ini. Misalnya, pengguna bisa memeriksa koneksi internet yang terhubung di perangkat laptop atau komputer.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Berikutnya, pengguna juga bisa memperbarui browser yang dipakai buat mengakses WhatsApp Web. Selain itu, masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan soal beberapa cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut.

1. Periksa koneksi internet

Pertama, cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah dengan memastikan perangkat memiliki koneksi internet yang memadai. Jika koneksi internet di perangkat tak memadai, WhatsApp Web tidak akan bisa diakses.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com