Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak Pemilik Nomor HP lewat Internet dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 20/03/2024, 12:29 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara melacak pemilik nomor HP lewat internet. Pasalnya, cara ini bakal cukup berguna ketika pengguna ingin mengetahui identitas nama seseorang pemilik nomor telepon yang menghubunginya.

Dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin akan menerima telepon atau pesan dari nomor asing yang belum dikenal. Supaya terhindar dari penipuan, pengguna dapat memeriksa atau melacak pemilik nomor telepon asing tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

Untuk mengetahui nomor telepon atas nama siapa, pengguna sejatinya bisa memakai aplikasi pengidentifikasi nomor. Namun, jika memakai aplikasi, pengguna mungkin sedikit kerepotan karena perlu mengunduhnya dulu.

Selain lewat aplikasi, pengguna sebenarnya juga bisa melacak pemilik nomor HP lewat internet. Lantas, bagaimana cara melacak pemilik nomor HP lewat internet?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui nomor telepon atas nama siapa dengan mudah tanpa aplikasi tambahan, cukup lewat internet.

Cara melacak pemilik nomor HP lewat internet

Cara cek pemilik nomor telepon tanpa menggunakan aplikasi pengidentifikasi nomor HP itu sejatinya cukup mudah. Sebagaimana disebutkan di atas, pengguna bisa melakukannya melalui internet dengan mengunjungi website tertentu.

Salah satu contoh website itu adalah Truecaller. Untuk diketahui, Truecaller merupakan salah satu platform pengidentifikasi nomor telepon yang tersedia dalam format aplikasi dan website.

Baca juga: Cara Melacak HP yang Hilang atau Dicuri dengan E-mail, Mudah dan Praktis

Dengan Truecaller, pengguna tak perlu repot mengunduh aplikasi karena bisa memakai website. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melacak pemilik nomor HP lewat internet memakai website Truecaller adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ini https://www.truecaller.com.
  • Selanjutnya, klik menu “masuk” dan login akun. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk, masukkan nomor HP yang hendak dicek siapa pemiliknya.
  • Mulai pencarian dan Truecaller bakal menyajikan informasi nama dari pemilik nomor HP tersebut yang diberikan oleh para pengguna lain.

Cukup mudah bukan cara melacak pemilik nomor HP lewat internet? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengetahui nama dari pemilik nomor HP tak dikenal yang menghubunginya. Demikianlah penjelasan soal cara mengetahui pemilik nomor HP lewat internet.

Sebagai informasi tambahan, platform seperti Truecaller tersebut bekerja dengan mengidentifikasi nomor telepon sesuai database yang dimiliki. Adapun database tersebut dikumpulkan lewat cara crowdsourcing (urun daya).

Database itu berisi riwayat para pengguna dalam memberikan nama atau tag pada nomor telepon. Perlu diketahui, selain untuk mengetahui nama pemilik nomor HP, platform seperti Truecaller sejatinya juga dapat dipakai untuk mengidentifikasi nomor penipu.

Lewat platform pengidentifikasi nomor telepon, pengguna bisa melihat nama pada nomor asing yang diberikan oleh orang lain. Nomor penipu biasanya bakal dilabeli orang lain dengan nama “penipu” atau “spam”.

Baca juga: 3 Cara Melacak iPhone Hilang atau Dicuri dengan HP Android, Mudah

Jika banyak orang yang memberi nama nomor asing itu sebagai penipu, platform biasanya akan turut memberikan peringatan bahwa nomor tersebut berpotensi berbahaya.

Dari informasi itu, pengguna bisa melanjutkan tindakan untuk memblokir nomor asing yang teridentifikasi sebagai penipu.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com