Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PlayStation "Horizon Forbidden West" Hadir di PC, Bawa Fitur Eksklusif

Kompas.com - 25/03/2024, 08:13 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PlayStation resmi meluncurkan game eksklusif konsolnya, Horizon Forbidden West Complete Edition di platform komputer (PC).

Game ini tersedia di platform distribusi Steam dan Epic Games Store.

Horizon Forbidden West Complete Edition merupakan koleksi game Horizon Forbidden West dan konten tambahan (expansion) Burning Shores.

Forbidden West dulunya merupakan eksklusif konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5), sedangkan Burning Shores merupakan expansion yang hanya bisa dijajal di konsol PS5.

Kini, keduanya dapat dinikmati di PC.

Sekuel dari Horizon Zero Dawn ini membawa sejumlah fitur eksklusif di PC. Salah satunya adalah dukungan resolusi yang lebih lebar, mulai dari Ultrawide (21:9), Super Ultrawide (32:9), hingga resolusi tiga monitor (48:9).

Baca juga: Steam Families Meluncur, Cara Baru Berbagi Game dengan Keluarga

Pengguna yang memakai unit pengolah grafis (GPU) Nvidia bisa menikmati fitur upscaling Nvidia Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3.

DLSS berguna untuk meningkatkan kinerja game dengan cara melakukan rendering grafis di resolusi lebih rendah dari yang disetel.

Contohnya dari resolusi Full HD diperbesar (upscale) ke 4K.

Terdapat juga teknologi Nvidia Deep Learning Anti-Aliasing (DLAA) yang berguna untuk membuat gambar permainan makin halus dan enak dipandang.

Kemudian, ada Nvidia Reflex yang meminimalisasi input lag mouse dan keyboard pengguna.

Aksesori tersebut menjadi lebih responsif, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan combat dalam game secara lebih cepat dan presisi yang lebih baik.

Tak hanya Nvidia saja, Horizon Forbidden West Complete Edition turut mendukung teknologi AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) dan Intel Xe Super Sampling (XeSS). Kedua fitur ini juga berguna meningkatkan performa gaming seperti DLSS 3.

Bicara soal performa, Horizon Forbidden West di PC memiliki frame rate yang tidak dikunci, berbeda dari versi PS5 yang dikunci di 30 fps, 60 fps, atau 120 fps.

Dengan frame rate yang tidak dikunci, pengguna bisa mendapatkan frame rate yang lebih tinggi lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com