Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Families Meluncur, Cara Baru Berbagi Game dengan Keluarga

Kompas.com - 21/03/2024, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game milik Valve, Steam telah meluncurkan fitur terbaru bernama "Steam Families". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi koleksi game dengan anggota keluarga, dan juga sebaliknya.

Steam Families menggantikan fitur pendahulunya, Steam Family Sharing yang berguna untuk sharing game dengan keluarga, dan Steam Family View yang memungkinkan pengguna untuk membatasi akses anak dari sejumlah fitur di platform itu.

Perbedaannya, fitur baru Steam ini menghapus batasan jumlah pengguna yang bisa bermain game dari perpustakaan (library) keluarga, mempermudah pembelian game untuk anak, dan menambahkan kontrol orangtua.

Baca juga: Steam Spring Sale 2024: Game PC Diskon hingga 95 Persen, Ini Rekomendasinya

Terkait batasan jumlah pengguna, setiap anggota keluarga kini bisa mengakses atau meminjam library, berbeda dari mekanisme sebelumnya yang memungkinkan satu pengguna dalam satu waktu meminjam library.

Adapun jumlah anggota keluarga di Steam Families dibatasi pada enam pengguna saja, sehingga sama seperti jumlah anggota di Steam Family Sharing. Jumlah perangkat yang bisa diotorisasi tidak terbatas, sehingga berbeda dari batasan 10 perangkat di Family Sharing.

Kebaruan lainnya, kini pengguna bisa bermain game milik keluarganya, ketika keluarganya tersebut sedang online dan bermain game lainnya. Contohnya, pengguna bermain game Helldivers 2 milik saudaranya, saat saudara tersebut sedang bermain Baldur's Gate 3.

Tampilan library keluarga setelah bergabung dengan Steam FamiliesKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan library keluarga setelah bergabung dengan Steam Families
Ini berbeda dari mekanisme sebelumnya, yang mana pengguna tidak bisa bermain game di library keluarga apabila pemilik game itu sedang online.

Pengecualiannya, pengguna tidak bisa bermain game yang sedang dimainkan saudaranya itu. Jika ingin bermain game yang sama, pengguna harus meminta keluarganya untuk berganti giliran, atau alternatifnya membeli game tersebut.

Terlepas dari itu, pengguna nantinya bisa bermain game di library keluarga secara offline, berbeda dari sistem sebelumnya.

Baca juga: Game Lokal Coral Island Masuk Daftar 100 Game Populer Steam Deck

Selain itu, gamer juga dapat membuat data save sendiri, mendapatkan pencapaian (achievements) Steam dalam game yang dipinjam, menerima akses untuk mengunduh file modifikasi (mod) di Steam Workshop, dan masih banyak lagi.

Perlu dicatat, game hanya bisa dibagikan apabila developer game yang bersangkutan memilih untuk ikut serta dalam skema Steam Families. Jadi, prosesnya sama dengan fitur Steam Family Sharing.

Adapun daftar game yang saat ini mendukung Steam Family Sharing bisa dilihat di tautan berikut ini. Game gratis (free-to-play) atau game yang membutuhkan akun atau langganan pihak ketiga tidak bisa dibagikan.

Catatan lainnya, jika anggota keluarga di-ban karena curang (cheating) saat bermain game milik pengguna, pengguna pun juga akan terkena ban dalam game tersebut, sedangkan anggota keluarga lainnya tidak terdampak.

Dengan kata lain, pengguna harus memastikan orang-orang yang tergabung dalam Steam Families-nya, memang merupakan keluarganya atau orang yang tepercaya.

Alat kontrol untuk orangtua

Steam Families memungkinkan orangtua untuk memantau jam bermain anaknyaSteam Steam Families memungkinkan orangtua untuk memantau jam bermain anaknya
Steam Families juga menghadirkan alat kontrol yang memungkinkan orangtua untuk membatasi akses anak-anak terhadap suatu game, mengawasi waktu bermainnya, dan menentukan batasan waktu bermain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com