Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Telkomsel GamesMax Booster Bisa Pangkas "Latency" Main Game Online, Ini Rahasianya

Kompas.com - 08/03/2024, 14:44 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel merilis paket internet khusus para pencinta game online, yaitu GamesMax Booster hari ini, Jumat (8/3/2024).

Paket internet itu memungkinkan pengguna mendapatkan kuota internet khusus main game online dengan kecepatan internet yang lebih kencang dan rendah latensi (latency) atau ping ketika bermain game online populer di smartphone.

General Manager Games and Apps Telkomsel, Auliya Fadli mengeklaim bahwa GamesMax Booster bisa membuat latency lebih rendah dari paket internet biasa.

"Secara eksperimen internal kami di beberapa tempat, GamesMax Booster bisa menurunkan latency game hingga 25 persen," klaim Fadli ketika ditemui KompasTekno di sela acara peluncuran paket GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

General Manager Games and Apps Telkomsel, Auliya Fadli (kiri) dalam acara peluncuran paket GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024). KOMPAS.com/Bill Clinten General Manager Games and Apps Telkomsel, Auliya Fadli (kiri) dalam acara peluncuran paket GamesMax Booster di Telkomsel Smart Office, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2024).

Dengan kata lain, apabila dihitung secara angka, pengguna akan mendapatkan latency atau ping 30 ms dengan GamesMax, apabila mereka biasanya mendapatkan latency 40 ms ketika bermain game menggunakan paket internet "reguler".

Baca juga: Telkomsel Rilis Paket GamesMax Booster, Internet Lebih Kencang dan Rendah Latency untuk Gaming

Lantasbagaimana caranya Telkomsel membuat latency paket internet ini lebih rendah?

Fadli mengatakan bahwa penurunan latency ini tetap bergantung dengan kondisi di lapangan, seperti sinyal internet hingga kepadatan di suatu area.

"Jika di suatu tempat sedang padat, pengguna yang pakai paket internet GamesMax Booster tentunya akan diprioritaskan oleh sistem untuk mendapatkan pengalaman terbaik ketika bermain game. Tapi apabila tempatnya sepi, ya mereka akan mendapatkan kualitas yang terbaik yang ditawarkan paket ini," jelas Fadli.

Adapun nomor pengguna yang sudah membeli paket internet GamesMax Booster ini nantinya akan ditandai atau dimasukkan ke dalam daftar whitelist oleh Telkomsel.

Nantinya, sistem akan mendeteksi apabila pengguna paket internet ini membuka aplikasi game, hingga kemudian sistem bisa meningkatkan kecepatan internet mereka. Sehingga, benefit dari GamesMax Booster bisa dirasakan dengan maksimal.

Harus diaktifkan dari aplikasi Dunia Games

Perlu dicatat, benefit penurunan latensi ini hanya bisa dinikmati melalui menu "Booster" yang ada di aplikasi Dunia Games. Artinya, pengguna harus menjalankan game yang ingin dibuat "ngebut" melalui aplikasi Dunia Games, tidak memainkannya secara langsung.

Adapun aplikasi atau game-game yang mendukung paket internet GamesMax Booster adalah sebagai berikut:

  • God of Myth
  • Memories
  • Boxing Star
  • Pokemon Go
  • Shell Fire
  • Roblox
  • Arena of Valor
  • Google Play Store
  • PUBG Mobile
  • Ragnarok X
  • Mobile Legends Bang-Bang
  • Free Fire

Untuk game-game lainnya, seperti game buatan lokal, Telkomsel mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk memasukkan game tersebut ke dalam daftar game yang mendukung paket GamesMax Booster.

Baca juga: Telkomsel Raih Gelar Mobile Operator dan Telecom Company of the Year

"Saat ini, kami sedang melakukan pendekatan kepada para developer game lokal, supaya game mereka bisa dimainkan dengan cepat melalui GamesMax Booster," pungkas Fadli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com