Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan WhatsApp Resmi Berubah Menu Chat Jadi di Bawah, Ini Alasannya

Kompas.com - 29/03/2024, 09:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tampilan aplikasi pesan instan WhatsApp di ponsel Android resmi berubah. Kini, tampilan WhatsApp Android berubah menjadi mirip tampilan WhatsApp di perangkat iOS atau iPhone.

WhatsApp secara signifikan merombak tata letak bar menu utama di WhatsApp Android. Tab “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls” yang tadinya berada di atas tampilan aplikasi, sekarang pindah ke bawah daftar obrolan.

Menurut WhatsApp, alasan bar menu utama dipindah ke bawah adalah agar dekat dengan jangkauan ibu jari, sehingga memudahkan navigasi ketika menggunakan WhatsApp. Selain itu, bar utama juga dipindahkan karena alasan estetika.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

Alasan ini diungkap langsung oleh WhatsApp lewat akun X (dahulu Twitter) resminya pada Jumat (29/3/2024).

"Sobat Android, kami memindahkan beberapa hal untuk memudahkan mengakses apa yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya. Inilah alat navigasi baru Anda (emoji salaman). Lebih dekat dengan ibu jari Anda dan lebih enak dipandang," tulis WhatsApp.
 

Alasan lain, WhatsApp diyakini memang ingin melakukan penyeragaman tampilan WhatsApp di Android dan WhatsApp di iPhone.

Menurut WABetaInfo, situs pembocor fitur-fitur baru WhatsApp, penyeragaman tampilan WhatsApp di Android dan WhatsApp di iOS tersebut ditujukan agar pengguna memperoleh pengalaman yang sama ketika memakai aplikasi WhatsApp di HP Android dan iPhone.

Jadi, pengguna tidak akan kaget krena perubahan tampilan menu ketika harus beralih dari menggunakan WhatsApp di HP Android ke iPhone, atau sebaliknya.

Apa saja yang berubah di tampilan baru WhatsApp Android? 

Menu chat dkk. pindah ke bawah. Perubahan tampilan WhatsApp Android secara signifikan merombak tata letak bar menu utama. Kini, tab “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls” yang tadinya berada di atas, sekarang pindah ke bawah daftar obrolan.

Tab "updates" baru. Bila diperhatikan, WhatsApp juga membuang tab "Status". Tab ini diganti dengan tab "Updates".

Di tab "Updates", pengguna bisa menemukan status WhatsApp miliknya sendiri dan orang yang ada di kontak. Kini, status WhatsApp disusun secara horizontal ke samping, menyerupai tampilan Instagram Stories.

Baca juga: Apa Itu WhatsApp Aero? Amankah Digunakan?

Di tab "Updates", pengguna juga bisa melihat saluran (channel) WhatsApp yang diikutinya. Ada juga opsi "find channels" untuk menemukan saluran WhatsApp terverivikasi lainnya.

Perbandingan tampilan baru WhatsApp (kiri) dan tampilan lawas WhatsApp (kanan) di mode terang.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan tampilan baru WhatsApp (kiri) dan tampilan lawas WhatsApp (kanan) di mode terang.
Bentuk ikon baru. Di menu utama, WhatsApp menambahkan ikon baru seperti ikon pesan teks chat di tab "Chats". Kemudian, tab "Updates" juga punya ikon seperti gelembung chat. Tab "Calls" juga kini dihiasi ikon gagang telepon.

Sebelumnya, menu utama WhatsApp di HP Android tampil polos, hanya nama tab saja tanpa ada ikon. WhatsApp juga mengubah ikon untuk memulai chat baru, dari bentuk teks pesan menjadi ikon"+"

Warna hijau baru. Bila diperhatikan, WhatsApp turut mengubah warna hijau yang digunakan di aplikasinya. Di tampilan sebelumnya, warna hijau WhatsApp terlihat lebih gelap dengan tone cool atau kebiruan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com