Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Punya Fitur AI di Kolom Pencarian?

Kompas.com - 26/03/2024, 07:02 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Masifnya kemunculan AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) kerap mendorong perusahaan menelurkan fitur-fitur baru yang mengandalkan teknologi tersebut. Tidak terkecuali platform perpesanan instan WhatsApp.

Menurut situs yang gemar membocorkan bakal fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, aplikasi berlogo hijau itu bakal menghadirkan fitur teknologi AI saat melakukan pencarian di kolom Search. Pembaruan (update) fitur ini muncul di WhatsApp beta Android versi 2.24.7.14.

Embel-embel “beta” mengindikasikan fitur itu masih dalam fase pengembangan dan belum digelontorkan secara resmi oleh WhatsApp.

Baca juga: 6 Penyebab Foto WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP dan Cara Mengatasinya

Terlepas dari hal tersebut, bocoran yang beredar menyebutkan bahwa pengguna nantinya bisa mengajukan pertanyaan ke kecerdasan buatan milik perusahan induk Facebook dan WhatsApp, Meta AI, secara langsung di kolom “Search” WhatsApp.

Mekanismenya mirip seperti ChatGPT milik OpenAI. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan chatbot tersebut, seharusnya Meta AI sudah bukan lagi fitur yang asing. Sebab, kedua chatbot milik OpenAI dan Meta sama-sama dirancang sebagai asisten yang serba bisa.

Bedanya, pertanyaan yang diajukan bukan ditulis dalam kolom chat dalam ruang obrolan, melainkan langsung di kolom pencarian. WABetaInfo mencatat perbedaan ini ditujukan untuk memudahkan pengguna melakukan pencariaan.

Pengguna tidak perlu lagi membuka ruang obrolan untuk bercakap-cakap dengan Meta AI.
Akan tetapi, jika pertanyaan yang diajukan butuh penjelasan lanjutan, WhatsApp bakal memberikan rekomendasi kepada pengguna, disertai beberapa petunjuk untuk meningkatkan proses interaksi bersama Meta.

Baca juga: 3 Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif, Mudah

Dalam tangakapan layar (screenshot) yang dibagikan, ketika pengguna mengetik kalimat pertanyaan di kolom Search (misalnya, Apa itu WABetaInfo), akan muncul kolom “Tanya Meta: Apa itu WABetaInfo”.

Nah, tepat di bawahnya, terdapat berbagai rekomendasi kata kunci (queries), seperti guyonan soal burung, video api menari, desain futuristik, dan masih banyak lagi.

Tampilan fitur baru WhatsApp yang dilengkapi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian informasi, bantuan tugas, dkkWABetaInfo Tampilan fitur baru WhatsApp yang dilengkapi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian informasi, bantuan tugas, dkk

“Dengan mengetikkan perintah di kolom pencarian, pengguna bakal lebih cepat memulai percakapan dengan Meta AI tanpa (harus) mencari topik obrolan, lalu meningkatkan proses interaksi lewat bantuan AI di masa depan,” tulis WABetaInfo.

Rekomendasi-rekomendasi kata kunci ini juga bakal meningkatkan pengalaman pengguna menjajal fitur Meta AI di WhatsApp. Sebab, proses mendapatkan informasi, mencari bantuan, hingga melakukan tugas jadi lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Cara Unmute WhatsApp Status Pengguna Lain

Soal aksesibilitas, fitur AI ini juga bisa langsung diakses dari depan antarmuka WhatsApp dengan mengeklik ikon “Search” yang berada di kanan atas. Pengguna juga lebih maksimal memanfaatkan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan/pertanyaan lewat Meta AI.

Namun, perlu diingat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Senin (25/4/2024), fitur Meta AI ini masih dalam tahap pengembangan. Pihak WhatsApp juga belum memberikan indikasi jadwal kehadiran fitur yang bersangkutan secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com