Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

Kompas.com - Diperbarui 24/03/2024, 09:55 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi WhatsApp belakangan ini dilaporkan pengguna di Tanah Air mengalami perubahan tampilan yang cukup signifikan, khususnya tampilan pada aplikasi WhatsApp untuk HP (handphone) berbasis Android.

Tampilan WhatsApp berubah di HP Android itu terjadi secara tiba-tiba, yang perkiraan dimulai sejak minggu lalu. Secara umum, tampilan WhatsApp Android saat ini berubah menjadi seperti tampilan WhatsApp di perangkat iOS atau iPhone.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Perubahan tampilan WhatsApp Android secara signifikan merombak tata letak bar menu utama. Perbedaan antara tampilan WhatsApp Android versi baru dan lama bisa dilihat lebih lanjut pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Ilustrasi perubahan tampilan WhatsApp di Android. Tampilan WhatsApp versi sebelumnya dengan bar menu berada di atas (kanan) dan tampilan baru dengan bar menu di bawah (kiri).

Dari gambar tersebut, diketahui bahwa perubahan tampilan menyebabkan bar menu utama, yang berisi menu “Chat”, “Status”, “Communities”, dan “Calls”, pada aplikasi WhatsApp menjadi berada di bawah kolom daftar obrolan.

Sebelum terdapat perubahan, bar menu utama di WhatsApp Android terletak di atas kolom daftar obrolan. Dengan perubahan ini, tampilan WhatsApp Android menjadi mirip dengan tampilan WhatsApp iPhone, yang mana bar menu utama berada di bawah daftar obrolan.

Tampilan WhatsApp berubah di perangkat Android sejatinya tidak berjalan baru-baru ini. Perubahan tampilan WhatsApp di perangkat Android sudah mulai bergulir sejak sekitar pertengahan tahun lalu.

Perubahan tampilan WhatsApp ini muncul tak lepas karena terdapat pembaruan aplikasi. Meski sudah cukup lama bergulir, pengguna di Indonesia tampaknya baru menerima pembaruan aplikasi WhatsApp yang membawa tampilan terbaru itu belakangan ini.

Di media sosial seperti X, banyak pengguna yang melaporkan sudah mendapatkan tampilan WhatsApp terbaru seperti gambar di atas. Tak sedikit di antaranya yang mengaku tak suka dengan tampilan WhatsApp terbaru ini.

Bahkan, ada beberapa pengguna yang bahkan ingin kembali ke tampilan WhatsApp versi sebelumnya. Lantas, apakah ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi sebelumnya?

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Status WhatsApp Tidak Ada Suara dengan Mudah dan Praktis

Apakah tampilan WhatsApp bisa dikembalikan semula?

Secara teknis, aplikasi yang telah diperbarui tidak dapat dikembalikan ke versi yang lebih lama. Pengguna juga tidak dapat memilih untuk mengunduh aplikasi versi lama di toko aplikasi resmi.

Jadi, suka tidak suka, tampilan WhatsApp terbaru di HP Android ini harus diterima pengguna, apabila telah melakukan pembaruan aplikasi. Sayangnya, tak ada cara untuk mengembalikan tampilan WhatsApp seperti semula di versi lama.

Pengguna juga tidak dapat mengunduh dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp dengan versi yang lebih lama melalui toko aplikasi resmi di HP, untuk memperoleh tampilan WhatsApp yang lama.

Meski tak bisa dikembalikan semula seperti di versi lama, pengguna sejatinya bisa membuat agar tampilan WhatsApp tidak berubah. Lantas, bagaimana cara agar tampilan WhatsApp tidak berubah?

Cara agar tampilan WhatsApp tidak berubah

Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan WhatsApp tidak berubah seperti sedia kala adalah dengan tidak memperbarui versi aplikasi WhatsApp. Pengguna bisa mematikan fitur update aplikasi otomatis di HP Android.

Untuk mematikan fitur update aplikasi otomatis, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP Android. Misal, jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan dan klik menu “Pembaruan apl sistem”.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com