Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WD Perkenalkan SSD Eksternal SanDisk Desk Drive 8 TB

Kompas.com - 13/05/2024, 13:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Kapasitas media penyimpanan solid state drive (SSD) semakin bertambah besar sehingga menyaingi hard disk, termasuk versi eksternal. Misalnya, Western Digital selaku pemilik merek SanDisk baru-baru ini memperkenalkan SSD eksternal Desk Drive berkapasitas hingga 8 TB.

SanDisk Desk Drive menarget pengguna yang membutuhkan drive eksternal berkapasitas besar dan berkecepatan tinggi, misalnya kreator konten, pengguna bisnis, atau gamer.

Dengan transfer data (read) mencapai 1.000 MB per detik lewat koneksi USB tipe C, San Disk Desk Drive diklaim empat kali lebih kencang dibandingkan hard disk desktop dan sanggup menangani konten kelas berat seperti video 8K.

VP Consumer Solutiions Western Digital Susan Park mengatakan kebutuhan akan medium penyimpan data yang kencang dan berkapasitas tinggi makin mengemuka seiring dengan perkembangan kreasi konten digital.

Baca juga: Siap-siap, Harga SSD dan Hard Disk Bakal Makin Mahal

"Mengembangkan portfolio SSD kami adalah langkah awal dalam menawarkan solusi backup bagi kreator yang memberikan kecepatan dan fleksibilitas untuk membuka kreativitas," ujar Park di laman Western Digital.

Untuk saat ini, SanDisk Desk Drive tersedia dalam dua pilihan kapasiitas, yakni 4 TB dan 8 TB. Namun, Park menjanjikan WD bakal merilis versi dengan kapasitas 16 TB pada 2025 mendatang.

SSD eksternal SanDisk Desk Drive dari Western DigitalWestern Digital SSD eksternal SanDisk Desk Drive dari Western Digital

Desk Drive sendiri dirancang agar mudah digunakan dengan bentuk cederung persegi dengan sudut-sudut membulat dan dapat ditaruh di atas meja tanpa khawatir akan jatuh ke samping.

Ukurannya terbilang ringkas, lebih kurang setelapak tangan orang dewasa. Bobotnya pun ringan, sekitar 268 gram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Senin (13/4/2024).

SSD ini dapat langsung dipasang ke perangkat komputer desktop atau laptop via USB C. Namun, seperti hard disk eksternal, penggunanya juga mesti menancapkan kabel daya tambahan.

Baca juga: MSI Luncurkan Spatium M580 Frozr, SSD Kencang dengan Pendingin Raksasa

SanDisk Desk Drive secara default diformat dengan file system ExFat yang kompatibel dengan Windows dan MacOS, tapi tentu saja dapat diformat ulang apabila dikehendaki, misalnya dengan file system NTFS atau APFS.

Kapasitas besar dan kecepatan tinggi SanDisk Desk Drive mesti ditebus dengan harga relatif mahal. Versi 4 TB dijual seharga 380 dollar AS (Rp 6,1 juta), sedangkan versi 8 TB dibanderol 700 dollar AS (Rp 11,3 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com