Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Smartphone", Bapak Android Bikin Kacamata Pintar?

Kompas.com - 06/06/2017, 14:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan Essential yang didirikan bapak Android Andy Rubin baru saja memperkenalkan produk smartphone pertamanya pekan lalu.

Belakangan, muncul kabar bahwa Essential kemungkinan juga tengah mengeksplorasi ide untuk membikin perangkat jenis lain berupa kacamata pintar.

Dugaan ini berasal dari dokumen paten yang ditemukan oleh Patently Apple. Di dalamnya tampak sebuah gadget bernama Smart Glasses yang tampilanya mirip dengan Snapchat Spectacles.

Baca: Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Mengotaki Android

Kacamata pintar besutan Essential itu dibekali dengan modul kamera yang mungkin bisa melacak pergerakan mata pengguna, di samping menjepret foto dan merekam video, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (6/6/2017).

Patently Apple Ilustrasi kacamata pintar berkamera dalam paten Essential yang dimunculkan Patently Apple ke permukaan.

Kemampuan melacak pergerakan mata ini nantinya bisa digunakan untuk keperluan augmented reality, yakni menambah informasi berbasis grafik komputer pada lingkungan sekitar yang dilihat pengguna.

“Misalnya, ketika pengguna sedang melihat barcode sebuah barang, prosesor bisa menampilkan opsi barang lain yang sejenis tapi lebih murah,” tulis Essential dalam deskripsi paten.

Dalam sebuah wawancara dengan Wired akhir bulan lalu, Rubin memang sempat menyinggung kacamata pintar Google Glass.

Perangkat wearable itu disebutnya gagal hadir bukan lantaran teknologinya buruk, melainkan karena dunia memang belum siap dengan konsepnya.

Kini perusahaan sang Bapak Android boleh jadi sedang mengembangkan kacamata pintar buatan sendiri. Namun, seperti halnya konsep lain yang masih berupa paten, belum tentu perangkat rekaan ini bakal benar-benar mewujud dalam bentuk produk jadi.

Baca: Ini Penampakan Google Glass Versi Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com