Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X Dorong Pertumbuhan Industri Smartphone

Kompas.com - 21/10/2017, 16:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - iPhone X buatan Apple menyumbang dampak positif pada industri smartphone. Menurut lembaga riset Gartner, perilisan produk tersebut memicu naiknya angka rata-rata produksi di dalam industri.

Gartner memprediksi bahwa total volume pengapalan smartphone akan kembali meroket pada 2018 mendatang, seiring dengan mulai dikapalkannya iPhone X ke berbagai pasar di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu, (21/10/2017), saat ini Apple masih mengalami kendala dalam pasokan komponen untuk dasar teknologi FaceID di iPhone X dan harus menunda proses produksi.

Komponen yang dimaksud memiliki julukan Romeo and Juliet, merupakan alat yang mesti bekerja secara berpasangan agar bisa memindai kontur wajah pengguna dan memakainya sebagai FaceID.

Masalahnya, Romeo yang merupakan komponen rakitan LG Innotek dan Sharp itu sangatlah rumit. Saking rumitnya, kedua pemasok itu tidak bisa menyediakan stok yang cukup banyak untuk dipasangkan dengan Juliet buatan pemasok lain.

Namun saat masalah produksi ini sudah selesai, menurut Gartner, Apple akan segera meningkatkan kecepatan produksi dan membanjiri pasar dengan iPhone X. Hal ini kemungkinan terjadi di kuartal pertama 2018 mendatang.

"Kami memprediksi bahwa iPhone X buatan Apple akan jadi pendorong nilai penjualan di Amerika Utara, China serta Eropa Barat, tanpa terpengaruh harganya yang tergolong mahal," terang Research Director Gartner, Roberta Cozza.

Selain iPhone X, Apple sebenarnya memiliki iPhone 8 dan 8 Plus. Sayangnya kedua smartphone yang disebut belakangan gagal memicu gairah pengguna pasar, bahkan penjualannya cenderung lebih sepi dibanding duo iPhone 7.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya para pengguna yang menunda pembelian iPhone 8 karena ingin mendapatkan iPhone X yang mengusung berbagai fitur mutakhir.

Baca juga : 5 Hal yang Membuat iPhone 8 Kurang Laku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com