Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tanpa Sopir Uber Tabrak Pedestrian di Tempe hingga Tewas

Kompas.com - 20/03/2018, 14:32 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Mobil otonomos atau tanpa sopir milik Uber menabrak seorang pedestrian atau pejalan kaki di persimpangan Jalan Mill Avenue dan Curry Road, daerah Tempe, Arizona, Amerika Serikat.

Kejadian berlangsung pada Minggu (18/3/2018) malam waktu setempat dan menewaskan satu orang wanita yang diduga tunawisma, bernama Elaine Herzberg (49). Sebelum meninggal, korban sempat dilarikan ke rumah sakit setempat.

Pihak kepolisian setempat menjelaskan, mobil Uber sebenarnya tidak sepenuhnya kosong, tetapi ada seorang sopir yang duduk di kursi kemudi. Namun, saat kejadian, mobil tersebut berada dalam mode otonomos.

Polisi menyebut, saat kejadian sang korban tidak menggunakan jalur penyeberang jalan saat menyeberang. Dilansir KompasTekno dari The Register, Selasa (20/3/2018), polisi telah melakukan penyelidikan dengan melihat rekaman kamera yang berada di dalam mobil.

"Sangat jelas jika kejadian ini sangat sulit dihindari dengan mode apa pun (baik mode tanpa sopir maupun dengan sopir), dilihat dari bagaimana korban datang dari bayang-bayang tepat menuju jalan raya," ujar salah satu pihak kepolisian wilayah Tempe.

Dari laporan, mobil tersebut sedang melaju dengan kecepatan 61 kilometer per jam di zona laju maksimal 56 kilometer per jam.

Atas kejadian ini, CEO Uber yang bermarkas di San Francisco, Dara Khosrowshahi, mengungkapkan simpatinya melalui akun Twitter @dkhos.

Ia mengatakan bahwa pihak Uber sedang bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk kejadian ini.

Ini bukan pertama kalinya mobil tanpa sopir Uber yang diklaim sedang masa uji coba mengalami kecelakaan lalu lintas. Beberapa hari lalu, mobil tanpa sopir milik Uber juga dilaporkan menabrak sebuah mobil sedan di daerah Pittsburgh. Namun, bisa dibilang, kejadian di Tempe ini menjadi yang paling fatal.

Baca juga: Lagi, Mobil Otonomos Uber Tabrakan di Jalan

Uber memutuskan untuk menghentikan sementara semua uji coba mobil otonomos di wilayah Arizona, San Francisco, Kanada, dan lainnya akibat kecelakaan lalu lintas ini.

Wilayah Arizona sendiri menjadi salah satu wilayah di Amerika Serikat yang mengizinkan pengoperasian mobil tanpa sopir Uber. Sementara wilayah lain, seperti California, sedang mempertimbangkan izin operasi.

Baca juga : Video Detik-Detik Mobil Tanpa Sopir Uber Tabrak Pedestrian hingga Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com