Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Dapatkan Kembali Hak "PureView" dari Microsoft

Kompas.com - 27/08/2018, 12:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HMD Global, pemgenag resmi lisensi Nokia kini juga resmi memegang lisensi merek dagang PureView. Akuisisi PureView oleh Nokia ini berlaku mulai 23 Agustus 2018.

Dengan demikian, Nokia akan reuni dengan merek teknologi kamera yang dulu sempat ada di smartphone Nokia, sebelum dan saat dibesut Microsoft.  

Mengingatkan kembali, teknologi PureView pertama kali muncul di Nokia 808 PureView pada Juni 2012 dengan dukungan sistem operasi Symbian. Nokia memperkenalkan ponsel ini pada ajang Mobile World Congress 2012 silam.

Ponsel ini memiliki resolusi kamera 41 megapiksel di belakang dan 3 megapiksel di bagian depan. Kemudian disusul Windows phone Nokia Lumia 1020 setahun setelahnya.

Nokia Lumia 1020 juga disematkan kamera belakang 41 megapiksel dan kamera depan 1,2 megapiksel yang didukung flash Xenon dan lensa Zeiss.

Beberapa model Nokia lain yang menyematkan teknologi PureView adalah Nokia Lumia 920, 925, 928, 830, 930, 1520, Lumia Icon, Microsoft Nokia Lumia 950, dan Microsoft Lumia 950 XL.

Sebelumnya, dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (27/8/2018), Microsoft memiliki merek dagang PureView sepaket dengan akuisisi perangkat dan layanan bisnis Nokia tahun 2013 dengan nilai 7 miliar dollar AS saat itu.

Baca juga: Microsoft Perkenalkan Lumia 830, Pureview Harga Murah

Lisensi PureView yang dimiliki oleh HMD GlobalEUIPO via Phone Arena Lisensi PureView yang dimiliki oleh HMD Global

Meski lisensi sudah di tangan, kemungkinan HMD tidak buru-buru untuk menerapkan PureView di smartphone Nokia dalam waktu dekat.

Spekulasi yangg berkembang, HMD akan menggunakan teknologi kamera penta-lens Light di perangkat Nokia mendatang dan kemungkinan PureView akan debut di perangkat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com