Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redmi 9 Versi Indonesia Tak Punya NFC, Ini Alasan Xiaomi

Kompas.com - 15/07/2020, 06:56 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi resmi memboyong Redmi 9 ke pasar Indonesia, Selasa (14/7/2020). Ponsel ini merupakan penerus Redmi 8 yang dirilis tahun lalu.

Seperti Redmi 8, Redmi 9 juga tidak dibekali fitur "Near Field Communication" atau NFC. Padahal, smartphone yang sama di pasaran internasional memiliki kemampuan ini.

Baca juga: Redmi 9 Resmi Dirilis, Punya 4 Kamera dan NFC Harga Rp 2,4 Juta

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan di balik absennya NFC pada Redmi 9 adalah ongkos produksi.

"Karena sebenarnya, NFC menambah elemen biaya, jadi ada faktor trade off di sini," ujar Alvin dalam sesi tanya jawab online selepas peluncuran Redmi 9 dan Poco F2 Pro, Selasa (14/7/2020).

Alvin mengatakan, Xiaomi Indonesia lebih mengutamakan pada peningkatan layar dan desain, sehingga bisa menyuguhkan pengalaman pengguna yang lebih baik dari seri sebelumnya.

Alvin tidak menampik bahwa di sebagian pasar, Redmi 9 dilengkapi NFC, misalnya saja di negara China, tapi banderol harganya juga lebih mahal.

Baca juga: Alasan Xiaomi Indonesia Tidak Hadirkan Fitur NFC di Redmi Note 9

Sementara untuk pasar Indonesia, Xiaomi ingin menjaga harga jual Redmi 9 tetap berada di bawah Rp 2 juta. Untuk calon konsumen yang membutuhkan NFC, Alvin meyarankan mereka untuk memilih Redmi Note Pro. Yang terbaru adalah Redmi Note 9 Pro. Model di bawahnya, Redmi Note 9, tak punya NFC.

"Xiaomi Indonesia telah membawa NFC ke mid-high-end Redmi Note Pro series, kami telah menyematkannya di sana," imbuh Alvin, seraya berjanji bakal mempertimbangkan untuk membekali seri ponsel entry level Xiaomi dengan NFC di kemudian waktu.

Meskipun tanpa NFC, Redmi 9 membawa beberapa peningkatan dibanding Redmi 8. Salah satunya di bagian desain sebagaimana yang dikatakan Alvin. Terutama desain punggung, di mana modul kamera dibingkai lingkaran yang memiliki tekstur berbeda.

Baca juga: Apa Itu NFC di Smartphone dan Kegunaannya

Kameranya sendiri kini berjumlah empat buah, tidak lagi hanya dua sebagaimana Redmi 8. Empat kamera belakang tersebut terdiri dari kamera wide 13 MP (f/2.2), ultrawide 8 MP (f/2.2), makro 5 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4).

Layarnya juga lebih luas, yakni 6,53 inci dibanding 6,22 inci di Redmi 8. Redmi 9 dijual dengan harga Rp 1.799.000 untuk varian RAM 3 GB dan internal 32 GB. Lalu varian RAM 4 GB dan internal 64 GB dijual dengan harga Rp 1.999.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com