Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genshin Impact Diunduh 17 Juta Kali dalam 4 Hari, Lewati PUBG Lite

Kompas.com - 07/10/2020, 15:08 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber IGN

KOMPAS.com - Game role-playing (RPG) teranyar besutan Mihoyo, Genshin Impact, resmi dirilis 28 September lalu di PS4, PC, Android, dan iOS.

Meski masih tergolong baru, game petualangan yang menawarkan eksplorasi open-world ini tampaknya sukses menarik minat pemain.

Pasalnya, berdasarkan sebuah posting Twitter yang diunggah oleh periset aplikasi AppAnnie, game tersebut ternyata sudah diunduh sebanyak 17 juta kali dalam 4 hari pertama setelah rilis.

Angka unduhan belasan juta ini hanya berasal dari platform Android dan iOS saja, tidak termasuk versi PS4 dan PC.

Baca juga: Game RPG Genshin Impact Dirilis, Pengguna PS4, PC, dan Mobile Bisa Main Bareng

Belum diketahui platform mana sebenarnya yang berkontribusi terhadap jumlah unduhan versi mobile tersebut. Belum diketahui juga berapa jumlah unduhan Genshin Impact versi PS4 dan PC.

Yang jelas, catatan donwload Genshin Impact mengalahkan pencapaian PUBG Lite yang diunduh sebanyak 10 juta kali dalam 3 hari setelah meluncur.

Kendati begitu, Gensin Impact sendiri tampaknya belum bisa mengalahkan jumlah unduhan game populer lainnya, yakni Call of Duty Mobile, Mario Kart Tour, PUBG Mobile, hingga Fortnite.

Keempat game tersebut masing-masing diunduh sebanyak 100 juta, 90 juta, 28 juta, dan 22,5 juta kali dalam waktu satu minggu setelah dirilis.

Namun, bukan tidak mungkin angka unduhan 17 juta tadi meningkat setelah satu minggu Genshin Impact tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

Baca juga: Spesifikasi PC dan Ponsel untuk Main Game Genshin Impact

Analis dari Niko Partners, Daniel Ahmad, menaksir bahwa Genshin Impact juga telah meraup pendapatan sekitar 50 juta dolar AS (sekitar Rp 739 miliar) di minggu pertama setelah peluncuran.

Sebagian besar pendapatan itu disebut berasal dari China, Jepang, hingga Amerika Serikat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN, Rabu (7/10/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com