Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Laptop Nokia Siap Meluncur

Kompas.com - 02/12/2020, 07:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2009, Nokia pernah mencoba masuk ke industri laptop global. Kala itu, pabrikan asal Finlandia ini merilis laptop bernama Booklet 3G yang diperkenalkan di ajang Nokia World 2009.

Kini, di bawah naungan HMD Global, Nokia ditengarai akan kembali ke industri laptop. Kabar ini muncul dari sebuah sertifikasi di situs Kantor Standarisasi India/Bureau of Indian Standards (BIS). Sertifikasi tersebut berisi informasi terkait model produk laptop/notebook/tablet yang didaftarkan Nokia.

Sertifikasi itu diunggah oleh Mukul Sharma, pembocor yang kerap memberi informasi terkait gadget dan fitur baru Android. Dalam dokumen tertanggal 27 November itu, disebutkan bahwa laptop Nokia dirakit di Jiangsu, China.

Selain itu, tertera pula beberapa calon model perangkat yang kemungkinan akan diperkenalkan. Total ada sembilan model yang meliputi NKi510UL82S, NKi510UL85S, NKi510UL165S, NKi510UL810S, NKi510UL1610S, NKi310UL41S, NKi310UL42S, NKi310UL82S, dan NKi310UL85S.

Baca juga: Survei: Nokia Merek Ponsel Terbaik di Era Sebelum iPhone

Menurut situs NokiaMob.net, kemungkinan, huruf "NK" merujuk pada merek Nokia. Kemudian seri nomor merupakan spesifikasi prosesor dan kode "10S" merujuk pada sistem operasi yang digunakan yakni Windows 10.

Sementara kode i3 dan i5 mengindikasikan prosesor yang akan digunakan yaitu Intel Core i3 dan Intel Core i5.

Tangkapan layar sertifikasi laptop Nokia dari situs Bureau of Indian Standards (BIS).Bureau of Indian Standards (BIS) via NokiaMob.net Tangkapan layar sertifikasi laptop Nokia dari situs Bureau of Indian Standards (BIS).
Selain keterangan tersebut, tidak ada informasi lain yang bisa diperoleh. Namun, dengan terbitnya sertifikasi tersebut maka besar kemungkinan laptop Nokia ini akan dirilis dalam waktu dekat.

Baca juga: Nokia 6300 dan Nokia 8000 Resmi Lahir Kembali dengan 4G, Harganya?

Dirangkum KompasTekno dari Gadgets360, Rabu (2/12/2020), Nokia juga pernah mencoba peruntungan di industri laptop global dengan meluncurkan Netbook Nokia Booklet 3G tahun 2009.

Namun, untuk produk yang masuk sertifikasi di India baru-baru ini didaftarkan oleh pemegang lisensi, yakni HMD Global, bukan langsung dari Nokia yang berbasis di Finlandia.

Pada waktu itu, Booklet 3G yang diperkenalkan di acara Nokia World 2009, memiliki desain yang memadukan antara PC dan ponsel.

Spesifikasinya masih menyesuaikan tren saat itu, seperti modem HSPA dan WiFi untuk akses internet, prosesor Intel Atom Z503 1,6 Ghz, hard disk 120 GB, RAM 1 GB, dan sistem operasi Windows 7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com