Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LG Masih Hidup Sampai Juli 2021, Ponsel Tetap Dapat Android 13

Kompas.com - 09/04/2021, 17:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Awal pekan ini, LG Electronics resmi mengumumkan menutup bisnis ponsel miliknya secara keseluruhan.

Kendati menutup bisnis ponselnya, LG berjanji akan tetap memberikan pembaruan sistem operasi (OS) Android selama tiga tahun pada ponsel premiumnya.

Kabar ini disampaikan langsung oleh LG melalui sebuah unggahan di laman resminya.

"Jaminan pembaruan tiga OS berlaku untuk ponsel premium LG yang dirilis pada 2019 dan lebih baru," tulis LG di laman LG Newsroom.

Dalam keterangan tersebut, vendor ponsel asal Korea Selatan ini secara spesifik menyebutkan bahwa jaminan ini tiga tahun update OS hanya berlaku untuk ponsel premium LG seri G, seri V, seri Velvet, dan seri Wing yang dirilis pada tahun 2019 dan setelahnya.

Wujud LG Wing, smartphone dual layar dengan layar putar.Android Police Wujud LG Wing, smartphone dual layar dengan layar putar.
Ini artinya, seri LG G8, LG V50, LG V60, trio LG Velvet, dan LG Wing semuanya akan mendapatkan update OS hingga Android 13.

Baca juga: 5 Merek Ponsel yang Tutup Selamanya

Hal ini mengingat deretan ponsel LG tersebut diluncurkan dengan sistem operasi Android 10.

LG juga mengumumkan akan memberikan dua kali pembaruan OS pada ponsel kelas menengahnya yang diluncurkan perusahaan pada tahun 2020.

Ponsel tersebut termasuk LG Stylo 6 dan ponsel seri LG K tertentu.

Baca juga: LG Tutup Buku, Ini 2 Ponsel Layar Ganda Unik Peninggalannya

Dengan janji pembaruan dua kali OS, pengguna akan dapat mendapatkan pembaruan hingga Android 12, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (9/4/2021).

"Pembaruan di masa mendatang akan bergantung pada jadwal distribusi dari Google serta faktor lain seperti kinerja dan kompatibilitas perangkat," tulis LG.

Tak hanya itu, perusahaan elektronik multinasional ini turut mengabarkan bahwa perusahaan baru resmi keluar dari bisnis ponsel pada akhir Juli 2021.

Dalam kurun waktu yang masih tersisa, LG mengungkapkan akan terus memproduksi ponsel hingga kuartal II-2021. Alasannya karena untuk memenuhi kewajiban kontrak dengan operator dan mitra LG.

Baca juga: Perjalanan Bisnis Ponsel LG, Merugi 6 Tahun hingga Akhirnya Tutup

Sebagai informasi, LG mengumumkan menutup bisnis ponselnya pada 5 April 2021. Dalam keterangan resmi perusahaan, penutupan ini disebabkan oleh kondisi persaingan bisnis ponsel pintar yang sangat ketat.

Meski unit bisnisnya ditutup, LG mengatakan bahwa aksesori maupun kelengkapan ponsel saat ini masih tetap tersedia.

Setelah menutup bisnis ponsel, LG mengatakan akan fokus dalam pengembangan unit bisnis lainnya, seperti komponen kendaraan listrik, perangkat pintar, teknologi robotics, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan, AI), serta platform lain di berbagai lini.

Baca juga: LG Tutup Bisnis Ponsel, Bagaimana Nasib Smartphone yang Ada di Pasar?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com