Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2021, 11:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - LG Electronics resmi menutup bisnis ponsel miliknya secara keseluruhan. Keputusan itu diumumkan langsung oleh dewan direksi LG pada Senin (5/4/2021).

Menueurt LG dalam keterangan tertulisnya, penutupan ini disebabkan oleh kondisi persaingan bisnis ponsel pintar yang sangat ketat. 

Meski unit bisnisnya ditutup, LG mengatakan bahwa aksesori maupun kelengkapan ponsel saat ini masih tetap tersedia.

LG juga masih akan melanjutkan dukungan layanan dan pembaruan perangkat lunak (software) untuk pengguna dengan jangka waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah.

Nasib para karyawan maupun status mereka setelah penutupan bisnis ponsel LG masih belum diungkap. Proses penutupan bisnisnya sendiri diperkirakan akan rampung sekitar pertengahan tahun ini.

"Penutupan akan selesai pada 31 Juli 2021, meskipun stok beberapa model masih akan tersedia setelah tanggal tersebut," tulis LG.

Baca juga: LG Tutup Bisnis Ponsel, Bagaimana Nasib Smartphone yang Ada di Pasar?

Sebelumnya pada Januari lalu, LG sempat dikabarkan ingin menjual bisnis ponselnya ke salah satu perusahaan konglomerasi asal Vietnam, Vingroup Co.

Dengan ditutupnya unit bisnis ponsel, LG turut menghentikan pengembangan ponsel layar lipat miliknya, dan menunda seluruh rencana peluncuran ponsel baru di paruh pertama 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (5/4/2021).

Baca juga: LG Umumkan Velvet, Lini Ponsel Baru Pengganti G Series

Meski kerap menelurkan model inovatif, nama LG sendiri kurang bersinar di industri ponsel.  Upaya bangkit dengan menelurkan produk LG Red Velvet dan LG Wing pada 2020 pun tak berhasil mengangkat bisnis ponsel LG.

Setelah menutup bisnis ponsel, LG mengatakan akan fokus dalam pengembangan unit bisnis lainnya seperti komponen kendaraan listrik, perangkat pintar, teknologi robotics, Artificial Intelligence (kecerdasan buatan, AI), serta platform lain di berbagai lini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com