Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2021, 19:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - LG Electronics baru-baru ini mengumumkan akan menutup bisnis ponselnya. Proses penutupan akan rampung pada 31 Juli 2021 mendatang. Setelah tanggal tersebut, LG tak lagi memproduksi ponsel baru.

Keluarnya LG dari bisnis ponsel disebabkan karena vendor asal Korea Selatan ini tidak bisa bersaing di pasar. Apalagi, smartphone asal China mulai mendominasi.

Sebelum LG, sebenarnya ada sejumlah brand ponsel lain yang bernasib sama. Ada banyak faktor yang memengaruhi, salah satu faktor terbesar adalah masalah kerugian semakin menggerogoti perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa vendor yang telah menutup bisnis ponselnya.

1. Ericsson

EricssonJONATHAN NACKSTRAND/AFP Ericsson
Sempat berjaya pada 1990-an, Ericsson resmi menutup bisnisnya. Semua berawal pada 1998, di mana Ericsson menghadapi masalah dalam proses pengembangan ponsel model Ericcsson T28.

Akibat masalah tersebut, waktu peluncuran ponsel yang awalnya direncanakan pada momen Natal 1998 molor hingga akhir 1999. Tanggal rilis Ericsson T28 pun terpaksa kembali ditunda akibat kebakaran yang melanda pabrik Philips yang berlokasi di Albuquerque, New Mexico

Akibat dari insiden ini, sebanyak 7 juta unit ponsel gagal diproduksi. Pada 2000, Ericsson kemudian meluncurkan satu buah ponsel baru bernama Ericsson R380.

Baca juga: Ini 10 Smartphone Terkencang Maret 2021 Menurut AnTuTu

Ericsson R380 sendiri merupakan ponsel Ericsson pertama yang mengusung sistem operasi Symbian. Namun, debut ponsel anyar tersebut rupanya tidak berhasil mendongkrak pasar.

Selanjutnya, Ericsson mencoba meluncurkan perangkat PC genggam bernama Ericsson MC218 dan PC genggam HS210 di tahun 1999.

Memasuki pergantian tahun 2000 ke 2001, Ericsson dilanda krisis. Dalam menghadapi krisis bisnis perusahaan, Ericsson memberhentikan 600 karyawannya yang terlibat dalam proses produksi ponsel.

Ericsson kemudian membagi perusahaan menjadi dua divisi. Produksi dan desain ponsel dialihkan ke Sony Ericsson Mobile Communications, hasil kerja sama dengan Sony.

Sementara proses pengembangkan software dan hardware yang digunakan sebagai fondasi untuk membuat telepon seluler, dipindahkan ke perusahaan baru yang disebut Ericsson Mobile Platforms (EMP).

2. Sony Ericsson

Ilustrasi logo Sony EricssonPinterest Ilustrasi logo Sony Ericsson
Sony Ericsson merupakan sebuah brand hasil kerja sama yang dilakukan Sony dan Ericsson sejak 1 Oktober 2001.

Salah satu tujuan utama Sony Ericsson adalah merilis ponsel baru yang mampu memimpin tren fotografi digital.

Beberapa di antaranya termasuk ponsel Sony Ericsson T610 dan P900 yang rilis di tahun 2003, Sony Ericsson W800i pada tahun 2005, serta Sony Ericsson K800i Cyber-shot dan W910i pada tahun 2007.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com