Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membeli Game di Steam dengan Dana

Kompas.com - 01/11/2021, 18:06 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dompet digital Dana telah resmi menjadi opsi metode pembayaran di platform distribusi game populer milik Valve, Steam.

Sebelumnya, metode pembayaran yang tersedia di Steam hanya kartu kredit dan debit (Visa/MasterCard) serta poin loyalty eClub Points.

Baca juga: Steam Halloween Sale 2021 Diskon Game hingga 85 Persen

Artinya, pembelian game di Steam tak lagi harus mengandalkan Steam Wallet, yakni dompet digital berisi uang atau saldo yang ditransfer ke akun Steam pengguna.

Lantas, bagaimana cara membeli game di Steam menggunakan metode pembayaran atau saldo Dana?

Cara beli game Steam dengan Dana di PC

Cara membeli game Steam dengan Dana.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara membeli game Steam dengan Dana.

  • Pertama-tama, pilih game yang ingin dibeli di laman Steam Store. Pengguna bisa mengakses toko Steam melalui tautan berikut ini.
  • Lalu, klik tombol "Add to Cart" pada laman game yang sudah dipilih. Bisa dilihat pada gambar di atas, KompasTekno ingin membeli game Cyberpunk 2077 yang sedang didiskon 33 persen menjadi Rp 468.000-an.

    Baca juga: Steam Bakal Berhenti Edarkan Game Berbasis NFT dan Cryptocurrency

  • Kemudian, klik tombol "Purchase for myself" jika ingin membeli game itu untuk diri sendiri, atau klik tombol "Purchase as a gift" apabila ingin mengirimkannya ke akun Steam lainnya.
  • Di halaman selanjutnya, pilih opsi pembayaran "Dana", lalu klik tombol "Continue".
  • Setelah itu, centang kotak konfirmasi "I agree ..." dan klik tombol "Continue to SmartPay", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Cara membeli game Steam dengan Dana.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara membeli game Steam dengan Dana.

  • Beberapa saat kemudian, pengguna bakal melihat tampilan antarmuka (UI) Dana. Di sini, masukkan nomor ponsel yang terdaftar di akun Dana dan klik "Continue".
  • Halaman konfirmasi pembayaran pun akan muncul di tampilan berikutnya. Apabila sudah benar dan saldo Dana tersedia, klik tombol "Pay" dan klik "Continue" pada halaman selanjutnya.
  • Selesai, game yang dipilih pun, atau Cyberpunk 2077 yang dibeli KompasTekno tadi, sudah tersedia di menu Library di akun Steam pengguna dan bisa dipasang (install), serta dimainkan kapan saja via client Steam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com