Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Centang Biru Asli dan Berbayar di Twitter Makin Sulit Dibedakan

Kompas.com - 05/04/2023, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter mengubah tampilan informasi lencana atau centang biru milik pengguna. Tampilan informasi baru ini membuat centang biru berbayar dan centang biru legacy atau gartisan menjadi sulit dibedakan.

Awalnya, centang biru legacy yang diberikan kepada akun-akun berpengaruh menampilkan informasi berbunyi "This account is verified because it’s notable in government, news, entertainment, or another designated category" saat dicek.

Sementara centang biru berbayar yang berasal dari langganan Twitter Blue bertuliskan "This account is verified because it’s subscribed to Twitter Blue".

Dengan demikian, pengguna Twitter bisa membedakan mana akun yang benar-benar mendapat centang biru karena dianggap berpengaruh, dan mana akun yang mendapat verifikasi biru karena bayar.

Baca juga: Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi Dogecoin, Kenapa?

Namun, kini informasi status akun tersebut menjadi campur aduk. Twitter menampilkan keterangan "This account is verified because it's subscribed to Twitter Blue or is a legacy verified account".

Ilustrasi jendela pop-up yang memuat informasi status verified account sebuah akun di Twitter.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi jendela pop-up yang memuat informasi status verified account sebuah akun di Twitter.

 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheWashingtonPost, Rabu (5/4/2023), langkah ini terpaksa dilakukan karena Twitter konon tidak bisa begitu saja menghapus ikon centang biru dari semua akun yang pernah mendapatkannya. 

Twitter sendiri sekitar akhir Maret lalu memang berencana menghapus status (lencana) "centang biru" atau verified badge di semua akun yang tidak berlangganan Twitter Blue.

Penghapusan status verifikasi dari akun Twitter ini kabarnya akan memakan waktu lama lantaran melibatkan banyak data yang tersimpan dalam database.

Terlebih lagi, proses ini konon bakal melibatkan banyak orang sehingga penghapusan ikon centang biru kemungkinan akan sulit dilakukan mengingat Twitter belakangan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan karyawannya. 

Baca juga: Twitter Ganti Logo, Harga Dogecoin Melambung

Belum bisa dipastikan apakah proses penghapusan status verifikasi akun Twitter dari sistem internal perusahaan ini akan berlanjut atau tidak.

Untuk sementara, akun-akun Twitter dengan centang biru sungguhan atau legacy sampai saat ini belum kehilangan verifikasi birunya.

Namun, dengan campur aduknya informasi soal verifikasi biru asli dan berbayar tersebut, kredibilitas akun-akun centang biru di Twitter akan semakin sulit dibedakan.

Bisa dibilang demikian lantaran pengguna mungkin saja bingung apakah akun tersebut hanya akun palsu yang berlangganan Twitter Blue sehingga mendapat centang biru, atau akun berpengaruh yang memang mendapatkan status centang biru legacy karena ketenaran dan kredibilitas pemilik akun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com