Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Penerus Ragnarok Online Meluncur di Indonesia, Tersedia untuk Smartphone dan PC

Kompas.com - 06/04/2023, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ROGlobal

KOMPAS.com - Perusahaan game asal Korea Selatan, Gravity, merilis game terbarunya Ragnarok Origin Global.

Game Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) ini masuk pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Ragnarok Origin Global merupakan sekuel resmi dari game MMORPG lawas Ragnarok Online (RO) yang dirilis pada 2002 lalu. 

Sebelum dirilis di pasar Indonesia, game ini sebenarnya sudah lebih dulu meluncur di pasar Korea Selatan pada Juli 2020 lalu. Ini artinya, butuh sekitar tiga tahun supaya Ragnarok Origin Global bisa dirilis di Tanah Air. 

Baca juga: Game Mobile Blackpink The Game Siap Dirilis, Begini Tampilannya

Sederhananya, Ragnarok Origin Global memiliki kualitas visual, animasi, dan desain keseluruhan game yang lebih apik dan ciamik dibanding game lawas RO. Selain itu, game tersebut juga kini hadir di smartphone, tidak di PC seperti versi orisinal.

Meski demikian, game ini masih akan menyertakan sejumlah elemen klasik yang sudah ada sejak era game RO untuk membuat pemainnya nostalgia. 

Ilustrasi kelas karakter atau job di Ragnarok Origin Global.ROGlobal.com Ilustrasi kelas karakter atau job di Ragnarok Origin Global.

Beberapa elemen yang masih dipertahankan adalah peta dunia yang bernama "Midgard", enam kelas karakter klasik (Swordsman, Acolyte, Mage, Thief, Merchant, dan Archer) yang bisa dipilih pengguna, serta monster-monster dengan nama yang sama. 

Sama seperti game lawas, kelas-kelas karakter ini nantinya bisa "berubah" menjadi kelas karakter yang lebih tinggi.

Swordsman, misalnya, bisa berubah menjadi Knight atau Crusader, Acolyte bisa menjadi Priest atau Monk, Thief menjadi Assassin atau Rogue, dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa fitur yang ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman bermain Ragnarok Origin Global di smartphone.

Sistem kostum karakter di Ragnarok Origin Global.ROGlobal.com Sistem kostum karakter di Ragnarok Origin Global.

Beberapa di antaranya seperti sistem AFK Leveling yang memungkinkan pemain membasmi monster-monster secara otomatis tanpa harus menyentuh layar, binatang peliharaan dengan jenis yang lebih unik, hingga kostum karakter yang bisa mempercantik tampilan.

Baca juga: 3 Pameran Game di Dunia Alternatif E3, Layak Dinanti

Ada pula sistem jaminan untuk beberapa barang dan kartu langka yang dijatuhkan monster, berbagai hewan yang bisa dinaiki untuk menghemat perjalanan, sistem guild baru, dan masih banyak lagi. 

Nah, untuk ketersediaan, Ragnarok Origin Global sudah bisa diunduh di Play Store, App Store, dan beberapa toko aplikasi lainnya seperti Huawei App Gallery mulai hari ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ROGlobal.com, Kamis (6/4/2023).

Game tersebut juga hadir di toko Razer Gold, serta tersedia dalam versi PC dalam format emulator. Untuk mengunduh Ragnarok Online Global di beberapa platform di atas, pengguna bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com