Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 Punya Fitur Standby Mode, Bisa "Sulap" iPhone Jadi Smart Display

Kompas.com - 08/06/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru iPhone, iOS 17 membawa sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah StandBy Mode.

Fitur StandBy Mode ini memungkinkan pengguna "menyulap" layar iPhone miliknya seolah menjadi smart display ketika diisi ulang (charging) secara wireless (nirkabel) dalam orientasi landscape. Smart display di sini maksudnya adalah menampilkan berbagai informasi, widget, hingga foto favorit pengguna.

Dengan fitur StandBy Mode, layar HP tidak akan menampilkan layar hitam atau home screen tradisional iPhone seperti biasanya.

StandBy Mode bisa diatur untuk menampilkan sejumlah informasi seperti tanggal, cuaca, dan jam.

Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Fitur StandBy Mode ini memungkinkan pengguna menyulap layar iPhone miliknya menjadi smart display ketika di-cas dalam orientasi landscape. Smart display di sini maksudnya adalah menampilkan berbagai informasi, widget, hingga foto favorit pengguna. Apple Fitur StandBy Mode ini memungkinkan pengguna menyulap layar iPhone miliknya menjadi smart display ketika di-cas dalam orientasi landscape. Smart display di sini maksudnya adalah menampilkan berbagai informasi, widget, hingga foto favorit pengguna.
Khusus untuk jam, pengguna bisa memilih berbagai model jam. Informasi jam ditampilkan dalam ukuran yang besar, membuat pengguna seperti memiliki jam meja LED digital tradisional. Saat mengecas di malam hari, Standby Mode akan menampilkan jam dengan efek low-light untuk membantu pengguna terlelap.

StandBy Mode juga mendukung fitur Widget Stacks alias menampilkan beberapa widget dalam satu layar sekaligus.

Jadi, pengguna bisa mengatur StandBy Mode untuk menampilkan kombinasi widget kalendar dan cuaca, jam dan kalendar, cuaca dan home control, kalendar dan jadwal harian, atau kombinasi widget lainnya.

Dengan StandBy Mode di iOS 17, pengguna bisa menyalakan musik secara handsfree dengan memberikan perintah ke Siri. Layar akan menampilkan cover album/lagu lengkap dengan judul lagu, durasi lagu, dan ikon pause, previous, dan next.Apple Dengan StandBy Mode di iOS 17, pengguna bisa menyalakan musik secara handsfree dengan memberikan perintah ke Siri. Layar akan menampilkan cover album/lagu lengkap dengan judul lagu, durasi lagu, dan ikon pause, previous, dan next.
Asisten virtual Siri juga bisa dimanfaatkan. Pengguna bisa menyalakan musik secara hands-free dengan memberikan perintah ke Siri.

Baca juga: Selamat Tinggal Hey Siri, Ini Cara Baru Panggil Asisten Virtual Apple

Pengguna iPhone juga bisa memanfaatkan StandBy Mode sebagai "frame foto". Pengguna bisa memilih momen favortinya untuk ditampilkan dalam model layar penuh di orientasi landscape selama mengisi daya.

Jika pengguna menggunakan MagSafe, StandBy Mode akan mengingat tampilan pilihan pengguna.

Khusus bagi pemilik iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, kedua iPhone ini sudah dibekali fitur Always-on display (AOD) secara bawaan. Jadi, StandBy Mode bisa ditampilkan secara terus-menerus, meski layar dalam keadaan terkunci.

Nah, bagi pemilik iPhone model lain, mereka harus mengetuk layar setiap kali ingin melihat informasi di StandBy Mode, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (8/6/2023).

Selain Standby Mode, iOS 17 juga memiliki sejumlah fitur lain yang bisa disimak di artikel Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Ketersediaan iOS 17

iOS 17 sudah tersedia bagi para pengembang aplikasi yang terdaftar dalam Apple Developer Program (khusus untuk pengembang) di situs developer.apple.com mulai hari Selasa (6/6/2023).

Rencananya, iOS 17 versi Public Beta (uji coba untuk umum di luar pengembang) bakal tersedia pada Juli mendatang, melalui situs beta.apple.com.

Adapun iOS 17 versi final (semua pengguna iPhone yang mendukung) kemungkinan bakal dirilis sekitar September, Oktober, atau November 2023 mendatang.

Update iOS 17 bakal hadir untuk iPhone Xs dan model iPhone yang dirilis setelahnya. Adapun iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X tidak akan mendapat update iOS 17.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com