Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penamaan Baru Prosesor Intel, Tak Ada Lagi Huruf "i" dan Tahun Angkatan

Kompas.com - 17/06/2023, 08:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama kurang lebih 15 tahun sejak 2008 lalu, penamaan prosesor Intel yang ditargetkan untuk konsumen selalu ditandai dengan huruf "i". Beberapa di antaranya seperti Intel Core i3, i5, i7, hingga i9.

Namun kini, Intel memutuskan untuk menghapus huruf ikonik tersebut dan bakal menggunakan nama "Intel Core" saja pada lini prosesor konsumennya untuk segmen mainstream.

Sehingga, nama prosesor Intel nantinya akan menjadi Intel Core 3, Intel Core 5, hingga Intel Core 7.

Intel menyebut bahwa hal ini dilakukan untuk lebih menyederhanakan semua segmen produk prosesor Intel Core.

Selain prosesor "reguler", Intel juga bakal menghadirkan keluarga baru prosesor Intel Core yang hadir dengan embel-embel "Ultra" untuk pertama kalinya.

Ilustrasi prosesor Intel Core dengan nama baru.Intel Ilustrasi prosesor Intel Core dengan nama baru.

Menurut Intel, prosesor "Ultra" ini merupakan kategori prosesor yang memiliki performa tinggi. Artinya, prosesor Intel di masa depan akan ada yang bernama Intel Core Ultra 5, Intel Core Ultra 7, dan Intel Core Ultra 9. 

Tak hanya menghilangkan huruf "i" dan menambah model "Ultra", Intel juga bakal menghapus julukan prosesor mereka dengan "tahun angkatan" alias penomoran generasi, seperti Intel Core "Generasi ke-13" atau "13th Gen" dan sejenisnya. 

Artinya untuk generasi selanjutnya, boleh jadi tak akan ada lagi prosesor Intel Core "Generasi ke-14" atau "14th Gen". 

Biasanya, penomoran generasi prosesor juga hadir di nama model sebuah CPU Intel, misalnya seperti Intel Core i9-13980HX, di mana nomor "13" dalam model CPU ini menandakan generasi CPU tersebut. 

Baca juga: Prosesor Laptop Intel Core Generasi Ke-13 Raptor Lake Resmi di Indonesia

Ilustrasi prosesor Intel Core Ultra.Intel Ilustrasi prosesor Intel Core Ultra.

Konon, penomoran generasi di nama model CPU ini juga bakal dihilangkan, dan Intel dikabarkan bakal menggunakan penomoran ulang.mulai dari angka awalan "1". 

Nantinya, nomor model tersebut disinyalir masih akan tetap diakhiri dengan huruf-huruf yang menandai target pasar CPU tersebut macam "P" untuk CPU performa, "U" untuk CPU hemat daya, "K untuk CPU flagship, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Laptop Intel Core Gen 13 Raptor Lake di Indonesia

Adapun penomoran model generasi dan target pasar CPU Intel Core ini akan hadir setelah kata "Processor", sehingga nama CPU Intel terbaru nantinya boleh jadi bakal seperti ini: 

  • Intel Core 5 Processor 1050U
  • Intel Core 7 Processor 1080H
  • Intel Core Ultra 7 Processor 1070K
  • Intel Core Ultra 9 Processor 1090H

Nama baru prosesor Intel hadir akhir 2023

Ilustrasi nama prosesor Intel baru tanpa huruf i.AnandTech Ilustrasi nama prosesor Intel baru tanpa huruf i.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Sabtu (17/6/2023), penamaan prosesor baru Intel ini akan hadir mulai paruh kedua atau enam bulan terakhir di 2023.

Di bulan-bulan ini, Intel bakal menghadirkan prosesor generasi terbaru mereka untuk pasar consumer yang memiliki kode nama "Meteor Lake".

Menurut Intel, prosesor Meteor Lake sepenuhnya akan dirancang menggunakan proses fabrikasi Intel 4, dan kini akan mengusung desain cip yang berbeda dari sebelumnya. 

Sebab, mereka akan menggunakan desain satu cip besar yang dijuluki Chiplet, alias desain chip yang dibuat dari cip-cip kecil, untuk meningkatkan performa dan efisiensi prosesor. 

Di samping itu, CPU Intel Meteor Lake juga digadang-gadang bakal hadir dengan dukungan AI mumpuni, utamanya melalui teknologi AI Boost. 

Belum diketahui model prosesor baru apa saja yang akan dibuat Intel di akhir 2023 ini. Belum jelas pula kapan sebenarnya Intel akan memperkenalkan prosesor-prosesor Meteor Lake tersebut. Kita nantikan saja.

Baca juga: Video: Hands-on Lenovo Yoga 9i 2022, Laptop 2-in-1 dengan Intel Alder Lake

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com