Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Tren Beli Smartphone di Supermal Karawaci, HP Murah Jadi Incaran

Kompas.com - 21/06/2023, 09:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Saat ini, masih banyak konsumen yang lebih memilih membeli ponsel secara luring (offline) dengan mendatangi pusat elektronik. Salah satu pusat elektronik yang saat ini masih banyak dikunjungi adalah e-center yang berada di pusat perbelanjaan Supermall Karawaci, Tangerang.

KompasTekno melakukan tandang toko ke beberapa sentra penjualan ponsel di Jakarta dan Tangerang. Salah satunya adalah e-center di pusat perbelanjaan Supermall Karawaci, Tangerang.

Kami pergi ke TKP pada hari Senin sekitar pukul 10.30 WIB atau 30 menit setelah mal buka. Saat memasuki pintu e-center, kami melihat konter HP, toko aksesori dan servis HP sudah banyak yang membuka lapaknya, terutama yang berada di jalan utama menuju mal.

Beberapa karyawan toko masih ada yang terlihat tengah beberes. Tak sedikit juga toko yang masih tutup, terutama toko yang di bagian e-center agak belakang.

Pantauan kami, situasi e-center cenderung sepi hingga pukul 11.00 WIB. Namun tetap ada beberapa pelanggan yang membeli ponsel dan aksesori. Ada juga yang datang untuk menyervis HP bahkan menjual ponsel.

KompasTekno pun sempat mendatangi lima konter ponsel di Supermall Karawaci untuk mengetahui kondisi pasar HP di Indonesia belakangan ini.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2023 Versi IDC, Samsung Teratas

Ponsel murah jadi incaran

Suasana konter HP di Supermal Karawaci, Tangerang yang menjual ponsel berbagai macam merek HP seperti Infinix, Realme, Vivo, Poco hingga Xiaomi Redmi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Suasana konter HP di Supermal Karawaci, Tangerang yang menjual ponsel berbagai macam merek HP seperti Infinix, Realme, Vivo, Poco hingga Xiaomi Redmi.
Dari lima toko, mayoritas mengungkapkan bahwa smartphone yang paling laku dibeli konsumen adalah dengan rentang harga Rp 2-3 juta. Dengan begitu, bisa dibilang smartphone yang paling banyak dibeli di beberapa toko di e-center Supermal Karawaci adalah ponsel di segmen entry-level atau ponsel murah.

"Yang paling laris sekarang di harga Rp 2-3 jutaan sih. Ponsel segmen entry level ini menyumbang sekitar 40 persen dari penjualan kami," kata RO Erafone Supermal Karawaci, Azriel.

Di konter HP lain yang kami kunjungi, ponsel entry-level menyumbang hingga 70 persen dari total penjualan dalam sebulan.

Beberapa konter HP menyebutkan smartphone entry-level dari Infinix, Samsung, Tecno, Realme, hingga Vivo banyak menjadi incaran konsumen dalam beberapa waktu belakangan.

"Yang lagi laku-lakunya adalah Infinix, terutama seri Infinix Hot. Yang baru-baru ini, ada Infinix Hot 30 dan 30i dengan SRP Rp 1,9 juta," kata Bibi, penjaga konter Java Cell.

Untuk Samsung, seri yang paling laris adalah Galaxy A04e dengan harga jual rata-rata (average selling price/ASP) Rp 1,3 juta.

Seri HP lain yang banyak diminati adalah Tecno Spark 10, Realme C55 NFC, Oppo A17, Oppo A57, Vivo Y36, Vivo Y16, hingga Redmi Note 12 series.

Baca juga: Ponsel Murah di Indonesia Makin Laris berkat Samsung dan Infinix

RAM besar jadi pertimbangan penting

Penampakan konter HP yang sepi pengunjung.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Penampakan konter HP yang sepi pengunjung.
Menurutsalah satu pegawai gerai ponsel, konsumen yang datang ketika mau membeli ponsel di e-center Supermal Karawaci, rata-rata sudah melihat ulasan (review) produk lebih dulu di YouTube. Jadi, ketika mereka datang ke gerai sudah memiliki ponsel incarannya masing-masing.

"Sekarang user udah lihat review di YouTube sih kak. Jadi, kebanyakan user yang datang sudah tahu mau beli HP apa. Jarang yang bener-bener nyari dan bingung saat mau beli HP di Erafone sini," kata Azriel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com