Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bisukan Telepon dari Nomor Tak Dikenal secara Otomatis

Kompas.com - Diperbarui 21/06/2023, 07:58 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan fitur baru yang berguna bagi pengguna yang tak suka ditelepon oleh nomor tak dikenal. Fitur baru WhatsApp ini bernama "silence unknown callers" (bisukan penelepon tidak dikenal).

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini langsung diumumkan oleh CEO Meta (induk WhatsApp), Mark Zuckerberg lewat Meta Channel di Instagram.

"Anda sekarang dapat secara otomatis membisukan panggilan masuk dari kontak yang tidak dikenal di WhatsApp untuk lebih banyak privasi dan kontrol," kata Zuckerberg, Selasa (20/6/2023) siang.

Pantauan KompasTekno, fitur silence unknown callers langsung bisa dijajal pengguna WhastApp Android versi 2.23.11.77. Fitur ini bisa ditemukan di pengaturan privasi di WhatsApp.

Baca juga: Marak Penipuan via WhatsApp, Begini Cara Mengatasi dan Menghindarinya

Cara bisukan nomor tak dikenal di WhatsApp

Berikut cara membisukan telepon dari nomor tak dikenal secara otomatis pakai fitur silence unknown callers di WhatsApp.

  • Buka WhatsApp
  • Klik titik tiga di pojok kanan atas
  • Pilih "Settings"
  • Klik "Privacy"
  • Klik "Calls" untuk mengaktifkan fitur "silence unknown caller"
  • Selanjutnya, geser tombol toggle ke arah on

WhatsApp meluncurkan fitur baru yang berguna bagi pengguna yang tak suka ditelepon oleh nomor tak dikenal. Fitur baru WhatsApp ini bernama silence unknown callers (bisukan penelepon tidak dikenal).WhatsApp WhatsApp meluncurkan fitur baru yang berguna bagi pengguna yang tak suka ditelepon oleh nomor tak dikenal. Fitur baru WhatsApp ini bernama silence unknown callers (bisukan penelepon tidak dikenal).
Dengan begitu fitur sudah aktif. Bila fitur silence unknown callers diaktifkan, panggilan dari nomor tak dikenal (nomor tak disimpan di kontak) tak akan membuat WhatsApp pengguna berdering dan muncul jendela untuk menjawab atau menolak panggilan.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Download Video

Namun, panggilan dari nomor tak dikenal itu tetap akan muncul di bilah notifikasi pengguna dan di tab "Calls" di WhatsApp. Hal itu berguna ketika telepon yang dibisukan ternyata berasal dari orang yang penting, namun nomornya tidak atau belum disimpan di kontak pengguna.

Dalam keterangan tertulis WhatsApp yang diterima KompasTekno, Selasa (20/6/2023), WhatsApp mengungkapkan bahwa fitur bisukan penelepon tidak dikenal ini didesain untuk memberi pengguna privasi dan kontrol lebih besar atas panggilan masuk.

Fitur silence unknown callers membantu menyaring telepon spam, penipuan, dan panggilan dari orang tidak dikenal secara otomatis guna meningkatkan perlindungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com