Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Film Serial tentang AI Seru versi IMDb, Ada Black Mirror dan Star Trek

Kompas.com - 25/06/2023, 09:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu perkembangan teknologi yang tak ada habisnya. Semakin hari perkembangan kecerdasan buatan telah merambah berbagai aspek. Hal ini yang memungkinkan berbagai tools berbasis AI memungkinkan untuk membantu pekerjaan dalam berbagai bidang.

Tak jarang berbagai kalangan memberikan opini bahwa di masa depan yang akan datang manusia dan AI akan berdampingan dan berkolaborasi. Perkembangan teknologi dan AI yang luar biasa dan berbagai dampak yang terjadi di masa depan membuat sebagian orang terinspirasi mengimplementasikan idenya pada sebuah film/serial dengan balutan tema kecerdasan buatan.

Serial bernuansa science fiction itu pun menjadi genre favorit sebagian orang. Terutama mereka yang tertarik dengan teknologi. Selain itu tak jarang serial tersebut memberikan gambaran sekilas mengenai masa depan maupun pelajaran yangd apat diambil dari dampak perkembangan AI.

Bagi Anda yang sedang tertarik dengan serial tentang AI, berikut ini KompasTekno merangkum daftar serial bernuansa kecerdasan berdasarkan Internet Movie Database (IMDb) dan ratingnya.

Sebagai informasi IMDb sendiri merupakan situs web yang berfungsi sebagai basis data daring yang menyediakan informasi mengenai film, acara televisi, pemain, sutradara, produser, dan berbagai elemen terkait industri hiburan.

Baca juga: 5 Film dan Serial tentang AI, Ada Blade Runner dan The Matrix

Black Mirror

Sinopsis serial Black Mirror Season 6 Sinopsis serial Black Mirror Season 6

Black Mirror merupakan serial antologi yang dibuat oleh Charlie Brooker. Setiap episode Black Mirror memiliki cerita yang mandiri dan berbeda, dengan tema yang berkaitan dengan dampak teknologi dan kecanggihan sosial di dunia modern.

Serial di Black Mirror cenderung menyoroti sisi gelap dan menakutkan dari teknologi, sering kali mengekspos kerentanan manusia dalam menghadapinya. Setiap episode memiliki cerita yang berdiri sendiri dengan plot yang unik dan karakter yang berbeda.

Serial Black Mirror rilis sejak 2011-2019 dan bisa ditonton di Netflix dan telah rilis mulai season satu hingga enam. Berdasarkan IMDb, Black Mirror memiliki rating 8.8/10.

Westworld

WestworldIMDb Westworld

Westworld adalah serial televisi yang diciptakan oleh Jonathan Nolan dan Lisa Joy. Serial ini berpusat di sekitar taman hiburan tematik futuristik yang dikenal sebagai Westworld. Rilis pada 2016, Westworld sebenarnya muncul pertama kali dalam bentuk film karya Michael Crichton pada tahun 1973.

Serial ini menjelajahi konsep identitas, moralitas, kebebasan, dan hak asasi manusia dalam konteks dunia yang semakin terkoneksi secara teknologi. Westworld dapat ditonton di HBO Max dan memiliki raitng 8.6/10 dari IMDb.

Humans

HumansFilm affinity Humans

Serial Humans adalah serial televisi fiksi ilmiah yang dibuat oleh Sam Vincent dan Jonathan Brackley. Serial ini merupakan adaptasi dari serial drama Swedia berjudul "Real Humans" karya Lars Lundström.

Serial ini berlatar di dunia alternatif di mana robot manusia, yang dikenal sebagai "synth", telah dikembangkan dan digunakan secara luas dalam masyarakat. Ceritanya berpusat pada hubungan antara manusia dan synths, serta bagaimana keberadaan synths mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com