Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu TweetDeck yang Bakal Cuma Bisa Dipakai Pengguna Twitter Blue?

Kompas.com - 04/07/2023, 16:40 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kebijakan pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca per hari tampaknya berpengaruh pula terhadap kebijakan pengoperasian dari salah satu platform Twitter berbasis website, yaitu TweetDeck.

Pada Minggu kemarin (2/7/2023), Twitter mulai menerapkan pembatasan jumlah twit yang bisa dibaca perhari, yang mana untuk akun baru belum terverifikasi hanya bisa baca 500 twit per hari, akun lama belum terverifikasi 1.000 twit, dan akun Twitter Blue 10.000 twit.

Baca juga: Ketika Twitter Bertubi-tubi Menerapkan Pembatasan ke Pengguna…

Dua hari setelah kebijakan itu diumumkan, tepatnya pada hari ini, Selasa (4/7/2023), muncul kebijakan baru untuk platform TweetDeck. Dalam sebuah twit resmi lewat handle @TwitterSupport, diumumkan TweetDeck versi terbaru atau TweetDeck 2.0.

Pada pengumuman itu, disebutkan pula bahwa pengguna ke depan tidak akan lagi bisa mengakses TweetDeck terbaru secara gratis. Untuk mengakses TweetDeck, pengguna harus terverifikasi dengan berlangganan Twitter Blue (centang biru).

Lantas, sebenarnya TweetDeck itu apa? TweetDeck mungkin tak terlalu populer dibandingkan aplikasi Twitter biasa. Akan tetapi, pengguna yang biasa memakai TweetDeck mungkin bakal kecewa karena ke depan tak bisa lagi mengaksesnya secara gratis.

Sebab, dalam penggunaan tertentu, TweetDeck bisa dibilang memiliki fitur yang lebih unggul ketimbang aplikasi Twitter biasa. Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu TweetDeck.

Apa itu TweetDeck?

TweetDeck adalah platform berbasis website yang memiliki kemampuan utama untuk mengelola akun dan postingan Twitter. TweetDeck biasa dipakai oleh pengguna yang memiliki banyak akun untuk tujuan tertentu, terutama dalam hal bisnis.

Baca juga: Warganet Ramai Beralih Pakai Truth Social karena Baca Twitter Dibatasi, Apa Itu?

Ada banyak sekali fitur untuk mengelola akun dan postingan di TweetDeck, tetapi tidak tersedia di aplikasi Twitter biasa. Di TweetDeck, pengguna bisa membuat “Deck” atau halaman khusus berisi kolom-kolom tertentu yang ditampilkan dalam satu dashboard.

Kolom-kolom di dalam “Deck” itu dapat difungsikan untuk memuat halaman profil pengguna probadi, halaman linimasa, halaman profil pengguna lain, dan masih banyak lagi. Pengguna bisa menambah kolom untuk memuat halaman tertentu sesuai keinginan.

Tampilan dashboard TweetDeck yang berisi kolom-kolom untuk memuat berbagai halaman sesuai pilihan pengguna.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan dashboard TweetDeck yang berisi kolom-kolom untuk memuat berbagai halaman sesuai pilihan pengguna.

Dengan kemampuan memuat beberapa halaman sekaligus, pengguna bisa memanfaatkannya memantau tren yang tengah terjadi di Twitter dan postingan dari beberapa pengguna lain secara bersamaan.

TweetDeck juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa akun milik pribadi secara bersamaan. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengelola postingan di tiap akun dengan lebih mudah.

Di TweetDeck, terdapat pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan postingan di akunnya. Untuk mengakses TweetDeck, caranya cukup mudah. Pengguna tinggal mengunjungi website ini https://tweetdeck.twitter.com via browser.

Kemudian, login akun Twitter dan pengguna bisa langsung mengakses semua fitur TweetDeck untuk mengelola akun serta postingan seperti yang dijelaskan di atas. Sekarang, TweetDeck masih bisa diakses dengan akun gratis atau akun yang belum terverifikasi.

Baca juga: Aplikasi Mirip Twitter Bikinan Facebook Meluncur Minggu Ini

Akan tetapi, sesuai pengumuman kebijakan yang baru disampaikan pihak Twitter,
pengguna harus sudah terverifikasi atau berlangganan Twitter Blue dalam 30 hari ke depan supaya bisa mengakses TweetDeck.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu TweetDeck yang bakal cuma bisa dipakai pengguna Twitter Blue, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com