Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Oppo A78 4G, Ponsel Oppo A-Series Tercantik

Kompas.com - 14/07/2023, 12:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo baru saja memulai penjualan perdana smartphone (HP) kelas menengah (mid-range) terbarunya dari lini Oppo A-Series, yaitu Oppo A78 4G di Indonesia pada Rabu (12/7/2023). 

KompasTekno berkesempatan untuk menggenggam Oppo A78 4G untuk pertama kalinya, guna mengetahui bagaimana desain dan tampilan ponsel ini dari berbagai sisi.

Secara tampilan, desain pungung atau cangkang (case) ponsel ini adalah salah satu hal yang menarik perhatian kami. Sebab, tampilan punggung HP ini sangat jauh berbeda dari ponsel yang termasuk ke dalam anggota keluarga Oppo A-Series lainnya.

Kebetulan, varian Oppo A78 4G yang kami jajal adalah varian warna hijau mengilap alias "Hijau Laut". Varian warna ini akan memberikan efek hijau mengilap yang memiliki pola bak permata. Oppo menyebut desain ini dengan "Diamond Matrix".

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Oppo A78 4G di Indonesia

 

Desain punggung Oppo A78 4G. Secara tampilan, desain pungung atau cangkang (case) ponsel ini adalah salah satu hal yang menarik perhatian kami. Sebab, tampilan punggung HP ini sangat jauh berbeda dari ponsel yang termasuk ke dalam anggota keluarga Oppo A-Series lainnya.

Kebetulan, varian Oppo A78 4G yang kami jajal adalah varian warna hijau mengilap alias Hijau Laut. Varian warna ini akan memberikan efek hijau mengilap yang memiliki pola bak permata. Oppo menyebut desain ini dengan Diamond Matrix.

Seperti namanya, desain seperti ini akan membuat punggung ponsel yang kesat terlihat bergelimang dengan pola kilauan berlian apabila dilihat dari berbagai sisi. Efek ini juga muncul apabila punggung ponsel terpapar sinar matahari.

Dengan desain seperti ini, kami bisa simpulkan bahwa Oppo A78 4G merupakan ponsel Oppo A-Series yang paling cantik yang pernah ada saat ini, terutama di pasar Indonesia.KOMPAS.com/Bill Clinten Desain punggung Oppo A78 4G. Secara tampilan, desain pungung atau cangkang (case) ponsel ini adalah salah satu hal yang menarik perhatian kami. Sebab, tampilan punggung HP ini sangat jauh berbeda dari ponsel yang termasuk ke dalam anggota keluarga Oppo A-Series lainnya. Kebetulan, varian Oppo A78 4G yang kami jajal adalah varian warna hijau mengilap alias Hijau Laut. Varian warna ini akan memberikan efek hijau mengilap yang memiliki pola bak permata. Oppo menyebut desain ini dengan Diamond Matrix. Seperti namanya, desain seperti ini akan membuat punggung ponsel yang kesat terlihat bergelimang dengan pola kilauan berlian apabila dilihat dari berbagai sisi. Efek ini juga muncul apabila punggung ponsel terpapar sinar matahari. Dengan desain seperti ini, kami bisa simpulkan bahwa Oppo A78 4G merupakan ponsel Oppo A-Series yang paling cantik yang pernah ada saat ini, terutama di pasar Indonesia.

Seperti namanya, desain seperti ini akan membuat punggung ponsel yang kesat terlihat bergelimang dengan pola kilauan berlian apabila dilihat dari berbagai sisi. Efek ini juga muncul apabila punggung ponsel terpapar sinar matahari.

Dengan desain seperti ini, kami bisa simpulkan bahwa Oppo A78 4G merupakan ponsel Oppo A-Series yang paling cantik yang pernah ada saat ini, terutama di pasar Indonesia.

Varian warna Oppo A78 4G lainnya, yaitu "Hitam Kabut", bisa dibilang memiliki nuansa mirip dengan beberapa ponsel Oppo A-Series yang sudah ada.

Sebab, cangkang ponsel akan dilapisi dengan warna hitam yang mengilap, namun tak begitu mencolok mata. 

Desain bagian punggung Oppo A78 4G. Punggung perangkat ini dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Bentukan atau desain kamera ini mirip dengan ponsel Oppo Reno8 T Series.

Artinya, kedua modul kamera di Oppo A78 4G memiliki benjolan yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung menghadap ke permukaan. 

Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 50 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera depth sensor 2 MP dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.KOMPAS.com/Bill Clinten Desain bagian punggung Oppo A78 4G. Punggung perangkat ini dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Bentukan atau desain kamera ini mirip dengan ponsel Oppo Reno8 T Series. Artinya, kedua modul kamera di Oppo A78 4G memiliki benjolan yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung menghadap ke permukaan. Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 50 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera depth sensor 2 MP dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.

Masih soal desain, punggung perangkat ini juga dihiasi dengan dua buah modul kamera berbentuk lingkaran yang disusun secara vertikal. Bentukan atau desain kamera ini mirip dengan ponsel Oppo Reno8 T Series.

Artinya, kedua modul kamera di Oppo A78 4G memiliki "benjolan" yang cukup besar, sehingga pengguna harus berhati-hati apabila meletakkan perangkat dengan bagian punggung menghadap ke permukaan. 

Baca juga: Begini Tampang Oppo Reno 10 5G yang Segera Masuk Indonesia

Adapun modul kamera di bagian atas memuat kamera utama 50 MP, sedangkan modul kamera bawah memuat kamera depth sensor 2 MP dan LED flash untuk membantu fotografi di tempat gelap.

Layar lega dan terang

Tampilan layar Oppo A78 4G. Ponsel ini memiliki layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya. Di atas kertas, rasio layar ke bodi ponsel ini diklaim mencapai 90,8 persen.

Karena cukup lega, layar ini terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dkk.

Selain luas, layar Oppo A78 4G juga terasa cukup mulus lantaran sudah mengadopsi refresh rate dengan angka 90 Hz. Layar juga cukup responsif karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz.
KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan layar Oppo A78 4G. Ponsel ini memiliki layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya. Di atas kertas, rasio layar ke bodi ponsel ini diklaim mencapai 90,8 persen. Karena cukup lega, layar ini terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dkk. Selain luas, layar Oppo A78 4G juga terasa cukup mulus lantaran sudah mengadopsi refresh rate dengan angka 90 Hz. Layar juga cukup responsif karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz.

Beralih ke bagian depan, Oppo A78 4G memiliki layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya. Di atas kertas, rasio layar ke bodi ponsel ini diklaim mencapai 90,8 persen.

Karena cukup lega, layar ini terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dkk.

Selain luas, layar Oppo A78 4G juga terasa cukup mulus lantaran sudah mengadopsi refresh rate dengan angka 90 Hz. Layar juga cukup responsif karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz.

Oppo A78 4G dipakai di bawah sinar matahari terik. Untuk tingkat kecerahan layar (brightness), Oppo A78 4G memiliki brightness sekitar 500 nits. Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan cukup baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Oppo A78 4G dipakai di bawah sinar matahari terik. Untuk tingkat kecerahan layar (brightness), Oppo A78 4G memiliki brightness sekitar 500 nits. Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan cukup baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com