Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Fujifilm X100V Edisi Disney Hanya Dibikin 100 Unit, Ini Harganya

Kompas.com - 17/07/2023, 18:20 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Fujifilm akan merilis sebuah edisi khusus dari kamera saku X100V untuk merayakan ulang tahun ke-100 dari Disney pada 2023.

Berbeda dari X100V reguler, produk bernama "Fujifilm X100V Disney and Friends Collection" ini datang dengan balutan desain dan aksesori serba Disney.

Bagian leatherette yang membungkus bagian depan kamera, misalnya, dihiasi aneka tokoh kartun lawas Disney dengan warna hitam-putih.

Baca juga: Fujifilm Buka Toko Konsep Pertama di Indonesia

Serangkaian aksesori pelengkapnya, yakni half-case berwarna hitam, camera strap abu-abu, dan thumb rest berwarna silver juga dibubuhi logo Fujifilm serta Disney, dan angka "100" sebagai penanda tahun anniversary.

Kamera dan aksesori Fujifilm X100V Disney and Friends Collection juga datang dalam sebuah kotak kayu khusus.

Fujifilm X100V Disney and Friends Collection dan rangkaian aksesori pelengkapnya datang dalam kotak kayu khususchinahkphoto.com.hk Fujifilm X100V Disney and Friends Collection dan rangkaian aksesori pelengkapnya datang dalam kotak kayu khusus

Kamera ini diproduksi dalam jumlah terbatas, yakni 100 buah sesuai dengan angka usia Disney, serta hanya bisa dipesan dari tiga toko Fujifilm di Hong Kong. Harganya dipatok sebesar 14.999 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 28,7 juta.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PetaPixel, Senin (17/7/2023), unit kamera yang masing-masing dibubuhi nomor urut 0 hingga 100 itu rencananya akan mulai dikirim ke pemesan pada 29 Juli mendatang.

Fujifilm X100V sendiri pertama kali dirilis pada tiga tahun lalu pada awal 2020 dan merupakan model teranyar dari lini seri kamera saku Fujifim X100.

Seperti para pendahulunya, X100V memiliki sensor APS-C X-trans (26 MP) yang dipasangkan dengan lensa permanen berjenis pancake 23mm f/2, berikut aneka preset simulasi film populer Fujifilm.

Aksesori pelengkap Fujifilm X100V Disney and Friends Collection seperti half case (foto kanan) ikut dibubuhi logo fujifil dan Disney. Sementara itu, tiap kamera mendapat nomor urut 1-100 sesuai dengan jumlah unit yang dibuat. chinahkphoto.com.hk Aksesori pelengkap Fujifilm X100V Disney and Friends Collection seperti half case (foto kanan) ikut dibubuhi logo fujifil dan Disney. Sementara itu, tiap kamera mendapat nomor urut 1-100 sesuai dengan jumlah unit yang dibuat.

Fujifilm turut membekali X100V dengan layar sentuh berengsel fleksibel, ND filter 4-stop built-in, viewfinder hybrid, serta kemampuan perekaman video hingga 4K 30p dengan mic port 2,5mm.

Baca juga: Fujifilm Luncurkan Printer untuk Smartphone Instax Mini Link 2 di Indonesia, Ini Harganya

Popularitas X100V meledak pada akhir 2022 lalu setelah viral di TikTok sehingga Fujifilm sempat dikabarkan kesulitan memenuhi order yang membeludak.

Di Indonesia, gara-gara pamornya yang meroket, kamera ini masih terbilang langka. Kalaupun tersedia, banderolnya bisa mencapai kisaran Rp 30 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com