Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 5 Resmi Meluncur, Engsel Baru dan Layar Sekunder Lebih Besar

Kompas.com - 26/07/2023, 18:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung resmi merilis duo ponsel lipat anyarnya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 dalam acara Galaxy Unpacked 2023, yang untuk pertama kali digelar di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7/2023) malam.

Sebagai suksesor Galaxy Z Flip 4, desain Galaxy Z Flip 5 mengalami perubahan yang signifikan. Misalnya, layar depan yang kini lebih besar, serta teknologi engsel baru yang membuat ponsel bisa dilipat lebih rapat.

Upgrade tersebut membuat Samsung Galaxy Z Flip 5 hadir dengan tiga aspek baru, yaitu layar sekunder yang lebih besar, pengalaman selfie yang lebih baik dari segala angle, serta desain yang ringkas dan nyaman disimpan di saku celana (pocketable design) saat dibawa ke mana-mana.

Baca juga: Link Pre-Order Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5, Ada Bonus Jutaan Rupiah

"Hari ini kami dengan bangga memperkenalkan perangkat-perangkat terbaru di ekosistem Galaxy kami, yaitu Samsung Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan masih banyak lagi," ujar TM Roh, President and Head of MX Business Samsung di acara peluncuran di COEX Convention Hall, Gangnam, Seoul.

Sementara Stephanie Choi, EVP & Head of Marketing MX Business Samsung mengatakan desain Galaxy Z Flip 5 terinspirasi dari manusia, yang ingin meningkatkan pengalaman/kebutuhan penggunanya.

"Galaxy Z Flip 5 itu personal, kuat dan mudah dikantongi, dan kami tidak sabar untuk menunggu Anda memegangnya," imbuh Stephanie.

Layar sekunder lebih besar

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 sendiri ditingkatkan dari sebelumnya 1,9 inci (Galaxy Z Flip 4) menjadi 3,4 inci, membuat punggung ponsel ini dipenuhi layar ketika dalam kondisi tertutup.

Layar sekunder berukuran jumbo itu dapat menangani sejumlah pekerjaan yang jauh lebih banyak dan kompleks dibanding sebelumnya.

Seperti mengakses Samsung Wallet untuk melakukan transaksi, membalas pesan, mengakses jendela notifikasi, dan melakukan pengaturan layar sekunder dengan lebih fleksibel.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 5 Meluncur dengan Engsel Baru, Lebih Ringan dan Ringkas

Hanya saja, untuk membalas pesan, teks yang bisa ditampilkan maksimal 30 karakter. Hal tersebut dikarenakan layar sekunder Galaxy Z Flip 5 tidak dapat menampung terlalu banyak informasi, dan bentrok dengan tampilan keyboard layar.

Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inciKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Layar sekunder Galaxy Z Flip 5 yang diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci

Layar yang kini lebih lega memungkinkan pengguna mengontrol lebih banyak gestur dan widgets. Misalnya, geser ke kanan untuk mengakses 11 widgets seperti Google Maps, WhatsApp, Netflix, Google Finance, dan sebagainya.

Kemudian geser dari bawah ke atas untuk mengatur jendela notifikasi seperti mengaktifkan mode pesawat (airplane mode), alarm. Gestur mencubit bisa menampilkan keseluruhan widgets yang ingin ditampilkan di layar sekunder.

Pengguna juga dimungkinkan melakukan pengaturan foto latar (wallpaper) yang ada di layar sekunder agar dapat lebih personal di tiap pengguna. Pengguna yang gemar membuat konten pun dapat memotret, vlogging dengan cara dan gaya yang baru.

Engsel baru

Dalam hal engsel layar, Samsung mengadopsi konstruksi engsel baru pada Galaxy Z Flip 5, yang membuat ponsel lipat ini memiliki desain lebih tipis, ringan, dan ringkas.

Dalam kondisi tertutup, ponsel juga dapat tertutup lebih rapat, tidak ada rongga/celah seperti yang dikeluhkan pengguna Galaxy Z Flip 4.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com