Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Cek Nomor Smartfren dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan SMS

Kompas.com - 30/07/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek nomor Smartfren sendiri kiranya penting untuk diketahui pengguna atau pelanggan. Tindakan cek nomor Smartfren biasa dibutuhkan ketika pengguna lupa komposisi nomor telepon miliknya sendiri.

Pengguna mungkin bakal repot bila lupa nomor Smartfren. Pasalnya, saat lupa nomor Smartfren sendiri, pengguna jadi tidak bisa mengisi data diri untuk berbagai keperluan yang mewajibkan menyertakan nomor telepon pribadi.

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Smartfren, Bisa via SMS, Aplikasi MySmartfren, dan Website

Lupa nomor Smartfren sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pengguna bisa jadi jarang memakai nomor Smartfren terkait, sehingga komposisinya tak begitu ingat. Kemudian, bisa juga karena nomor Smartfren yang dipakai adalah nomor baru.

Alhasil, pengguna belum terbiasa dan tak mengingatnya. Bila lupa, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah pengguna bisa cek nomor Smartfren kembali. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami cara cek nomor Smartfren sendiri yang lupa.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara cek nomor Smartfren sendiri. Lantas, bagaimana cara cek nomor Smartfren sendiri? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek nomor Smartfren.

Cara cek nomor Smartfren

Smartfren menyediakan beberapa layanan yang memungkinkan pengguna untuk cek nomornya sendiri jika lupa. Secara umum, pengguna bisa cek nomor Smartfren lewat kode UMB dan SMS. Selain itu, masih ada beberapa lagi caranya, sebagaimana tertera di bawah ini.

1. Cek nomor Smartfren via kode UMB

Cara cek nomor Smartfren yang pertama adalah melalui kode UMB. Lantas, berapa cek nomor kartu Smartfren? Pengguna bisa cek nomor Smartfren melalui kode UMB di nomor *999# dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan di ponsel.
  • Ketik kode UMB *999#.
  • Selanjutnya, tekan “Call/Panggil”.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu yang menunjukkan informasi nomor Smartfren terkait.

2. Cek nomor Smartfren via SMS

Kedua, pengguna juga bisa cek nomor Smartfren dengan mengirim SMS ke nomor 995. Adapun cara cek nomor Smartfren dengan mengirim SMS ke 995 adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kartu Smartfren yang hendak dicek nomornya terpasang di ponsel.
  • Buka aplikasi pesan atau SMS di ponsel.
  • Ketika pesan ini “Cek” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah itu, kirim ke 995.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul balasan yang memuat informasi nomor Smartfren terkait.

Baca juga: Cara Setting APN Smartfren di HP Android dan iPhone buat Akses Internet

3. Cek nomor Smartfren via aplikasi MySmartfren

Cara cek nomor Smartfren sendiri yang ketiga adalah melalui aplikasi MySmartfren. Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah. Pengguna bisa cek nomor Smartfren lewat aplikasi MySmartfren dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MySmartfren yang telah terinstal di ponsel. Pastikan telah login akun di aplikasi MySmartfren itu.
  • Setelah aplikasi terbuka, pelanggan bakal langsung bisa melihat nomor Smartfren pribadinya.
  • Informasi nomor Smartfren milik pelanggan bakal langsung terpampang pada halaman awal aplikasi MySmartfren.

Cek nomor Smartfren via aplikasi MySmartfren hanya bisa dilakukan apabila pengguna telah login akun sebelumnya. Perlu diketahui, login akun pada aplikasi MySmartfren dilakukan dengan menggunakan nomor Smartfren pengguna.

4. Cek nomor Smartfren di MiFi

Dikutip dari laman resmi Smartfren, bila memakai nomor di perangkat MiFi Smartfren, pengguna bisa memeriksa dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan MiFi telah tersambung dengan ponsel atau perangkat lain.
  • Buka browser di ponsel.
  • Selanjutnya, kunjungi alamat ini 192.168.11 di browser
  • Setelah halaman pengelolaan MiFi terbuka, silakan masukkan username “admin” dan kata sandi “admin” (tanpa tanda kutip semua).
  • Jika berhasil masuk, pengguna bakal bisa melihat informasi nomor Smartfren yang dipakai di MiFi.

5. Cek nomor Smartfren dengan SMS ke kontak lain

Cara cek nomor Smartfren yang kelima adalah pengguna bisa mengirim SMS ke kontak atau pengguna lain. Setelah SMS diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor Smartfren miliknya.

6. Cek nomor Smartfren dengan missed call

Terakhir, pengguna bisa cek nomor Smartfren miliknya yang lupa dengan cara melakukan panggilan tak terjawab atau missed call pada kontak lain. Saat panggilan sudah diterima kontak lain, pengguna bisa meminta informasi nomor Smartfren miliknya.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Smartfren yang Sudah Terdaftar via SMS ke 4444 dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara cek nomor Smartfren sendiri yang lupa? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika lupa nomor Smartfren sendiri. Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara cek nomor Smartfren dengan mudah, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com