Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Targetkan Jual 15 Juta Unit Smartphone Layar Lipat Tahun Ini

Kompas.com - 31/07/2023, 12:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 resmi meluncur global pada 26 Juli 2023. Keduanya hadir dengan peningkatan desain seperti lipatan yang lebih rapat, engsel baru Flex Hinge, serta cover screen yang lebih besar khusus pada Galaxy Z Flip 5.

Debut keduanya pun dilaporkan membuat Samsung meningkatkan ekspektasi penjualan hingga 50 persen lebih tinggi dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Menurut laporan SamMobile, belum lama ini, Presiden dan Kepala Divisi Mobile Experience Samsung, TM Roh mengungkapkan, Samsung menjual kurang dari 10 juta smartphone layar lipat (foldable phone) tahun lalu. Dari jumlah ini, 60 persen di antaranya adalah Galaxy Z Flip 4, sisanya (40 persen) adalah Galaxy Z Fold 4.

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Nah untuk tahun ini, Samsung menargetkan bisa menjual sekitar 15 juta unit ponsel layar lipat pada 2023. TM Roh memprediksi Galaxy Z Flip 5 akan lebih laku di Korea Selatan, dibandingkan saudaranya Galaxy Z Fold 5.

Presiden dan Kepala Divisi Mobile Experience Samsung, TM Roh.Samsung Newsroom Presiden dan Kepala Divisi Mobile Experience Samsung, TM Roh.
Dalam kesempatan wawancara terpisah, TM Roh mengatakan, dengan debut Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5, Samsung berharap 1 dari 3 flagship Galaxy yang dijual di Korea Selatan adalah ponsel lipat Galaxy Z Flip/Fold.

TM Roh memiliki keyakinan dan rasa optimis yang besar pada pada Samsung Z Flip 5 dan Samsung Z Fold 5 yang baru diluncurkan. Pasalnya, kata TM Roh, keduanya membawa inovasi terbaik dalam segi perangkat lunak dan perangkat keras.

Baca juga: Kota Seoul dalam Bidikan Samsung Galaxy Z Flip 5

Diprediksi masih akan kuasai pasar ponsel lipat

Beberapa analis pasar, seperti Trendforce misalnya, memperkirakan, 18 juta ponsel lipat akan dikirim tahun ini. Sementara IDC memprediksi jumlahnya pengiriman (shipment) foldable phone akan di atas 20 juta.

Artinya, bila target Samsung tercapai, maka tiga perempat (3/4) dari semua ponsel lipat yang dijual pada tahun 2023 adalah Galaxy Z Fold/Flip. Hal ini bakal melanggengkan posisi Samsung Sebagai vendor nomor satu di pasar ponsel lipat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (31/7/2023).

Pada 2022, Samsung masih menjadi vendor yang mendominasi pasar ponsel lipat di tahun 2022 dengan pangsa pasar (market share) sebesar 83 persen. Tahun lalu, Samsung Galaxy Z Flip dilaporkan menjadi ponsel lipat paling laris di dunia dengan pangsa pasar 47 persen.

 Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 5 Edisi Nusantara Ludes Terjual dalam 3 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com