Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Background Foto Online, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 31/07/2023, 12:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengganti background foto kiranya perlu diketahui pengguna. Tindakan ganti background foto biasanya dibutuhkan pengguna ketika ingin memenuhi syarat administrasi untuk berbagai tujuan seperti melamar pekerjaan atau daftar sekolah.

Baca juga: Cara Edit Foto Pakai Dasi Online yang Mudah dan Cepat

Pada syarat administrasi untuk beberapa kegiatan, pengguna biasanya diminta untuk menyertakan foto diri gaya formal dengan jenis background tertentu, misal foto berlatar belakang warna merah atau biru polos.

Pengguna bisa saja sudah memiliki foto diri formal, tetapi warna latar belakangnya berbeda dengan yang diminta dalam syarat administrasi. Alhasil, pengguna belum memiliki foto diri formal yang sesuai dengan syarat administrasi.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, pengguna dapat ganti background foto miliknya. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin mengerti cara mengganti background foto. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan cara mengganti background foto.

Perlu diketahui, ganti background foto kini bisa dilakukan secara mudah. Pengguna tak perlu memiliki aplikasi tambahan edit gambar seperti Corel atau Photoshop. Lantas, bagaimana cara mengganti background foto tanpa aplikasi?

Cara mengganti background foto dapat dilakukan melalui beberapa platform edit foto online, salah satunya yang cukup mudah digunakan adalah Canva. Bila tertarik, berikut adalah penjelasan cara mengganti background foto online melalui Canva.

Baca juga: Cara Edit Foto Pakai Kemeja Putih Online, Mudah dan Praktis

Cara mengganti background foto online

  • Sebelum mulai ganti background foto, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menghapus bagian latar belakang foto. Langkah ini berfungsi agar objek utama foto bisa disesuaikan dan ditempel ke background yang baru.
  • Pengguna bisa menghapus bagian latar belakang foto secara otomatis melalui beberapa website dengan layanan background remover, salah satunya seperti www.remove.bg.
  • Di website tersebut, pengguna tinggal mengunggah foto dan bagian latar belakangnya bakal secara otomatis dihapus. Selanjutnya, pengguna bisa mengunduh foto tanpa background dari website itu.
  • Setelah memiliki foto tanpa background, silakan buka website Canva yang beralamatkan di www.canva.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah itu, klik opsi “Custom Size” untuk membuat kanvas desain dengan ukuran yang sesuai ukuran foto, yang hendak diedit latar belakangnya. Contohnya, bila foto berukuran 3x4 maka buat kanvas desain dengan ukuran 2,79 x 3,81 cm.
  • Kemudian, pengguna bakal diarahkan ke halaman pengeditan desain dengan ukuran kanvas yang tadi telah dibuat.
  • Ubah warna kanvas sesuai dengan kebutuhan untuk menjadi backgroundbaru.
    Ilustrasi cara mengganti background foto online.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti background foto online.
  • Selanjutnya, pada halaman pengeditan, silakan klik menu “Uploads”.
  • Unggah foto tanpa background yang telah diunduh tadi.
  • Setelah terunggah, klik foto diri dan foto itu bakal ditambahkan ke kanvas yang telah berisi background baru.
  • Sesuaikan ukuran foto pada backgroundbaru secara proporsional.
    Ilustrasi cara mengganti background foto online.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti background foto online.
  • Jika dirasa sudah sesuai, pengguna bisa mengunduh foto dengan background baru itu. Caranya klik menu “Share” dan pilih opsi “Downloads”.
  • Kini, pengguna telah berhasil ganti background foto.

Cukup mudah bukan cara mengganti background foto online? Cara di atas dapat membantu pengguna dalam mengganti background pada foto untuk keperluan yang mendesak. Cara mengganti background foto online di Canva bisa dilakukan secara cepat dan praktis.

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto dengan AI, Cuma Perlu Masukkan Teks

Pengguna tak perlu harus mahir dulu dalam urusan edit gambar untuk bisa ganti background foto. Demikianlah penjelasan mengenai cara mengganti background foto online dengan memanfaatkan website background remover dan platform Canva, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com