Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Game PS Plus Agustus 2023, Ada PGA Tour 2K23 dan Dreams

Kompas.com - 31/07/2023, 18:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber IGN

KOMPAS.com - Sony kembali mengumumkan daftar game gratis untuk PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5). Deretan game ini bisa dimainkan cuma-cuma oleh pelanggan layanan PlayStation Plus (PS Plus) periode Agustus 2023.

Pada Agustus ini, pelanggan PS Plus bisa memainkan game "PGA Tour 2K23", "Dreams", dan "Death's Door". Baik "PGA Tour 2K23" maupun "Death's Door" tersedia di PS5 dan PS4, sementara "Dreams" digratiskan di PS4 saja.

PGA Tour 2K23

"PGA Tour 2K23" adalah game simulasi olahraga golf yang dikembangkan oleh tim HB Studios, dan diterbitkan oleh 2K.

PGA Tour 2K23Steam PGA Tour 2K23
Dalam game ini, pemain bisa bermain sebagai atlet golf kenamaan seperti Tiger Woods, Justin Thomas, Collin Morikawa, Lexi Thompson, dan masih banyak lagi. Tak hanya bermain sebagai atlet tersebut, pemain juga bisa beradu mekanik dengan deretan karakter tersebut.

Baca juga: Tencent Akuisisi Techland, Pembuat Game Dying Light dan Dead Island

Pemain juga dapat merancang karakternya sendiri, dari segi desain karakter, stik golf, hingga kemampuan (skill) yang dimiliki.

Fitur ini dinamai "Archetype", dan setiap skill yang dipilih memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Sebagai contoh, archetype "Greensman" menawarkan kemampuan penempatan yang baik, tetapi justru membuat proses recovery shot lebih sulit. Adapun recovery shot merupakan proses memukul bola golf yang terletak di luar lapangan, kembali ke dalamnya.

Karakter yang dibuat ini nantinya bisa dimainkan di mode cerita "MyCareer". Mode lainnya yang dapat dinikmati mencakup mode multiplayer "Match Play", "Topgolf", "Online Societies", dan "Course Creator".

"Course Creator" menjadi salah satu fitur menarik karena memberikan kesempatan bagi gamers, untuk merancang petanya (map) sendiri ala "Minecraft".

Setelah dibuat, peta ini bisa diunduh gamer lain, dan sebaliknya, pemain juga bisa menjajal peta buatan pengguna lainnya.

Baca juga: Game Sonic Prime Dash Resmi Dirilis, Pelanggan Netflix Bisa Main Gratis

Dreams

DreamsPlayStation Blog Dreams
Bila mode "Course Creator" di "PGA Tour 2K23" belum cukup untuk menyalurkan kreativitas, pemain juga bisa menjajal "Dreams".

Dreams adalah game yang memungkinkan pemainnya untuk menciptakan permainannya sendiri atau memainkan game buatan pengguna lainnya.

Sederhananya, game ini bisa dikatakan mirip seperti "Roblox". Bedanya, peralatan yang disuguhkan untuk membuat game di "Dreams" cenderung terbatas, bila dibandingkan dengan "Roblox".

Nah ketika membuat game, ada banyak sekali aspek yang bisa dikustomisasi oleh pemain, mulai dari karakter, peta, musik, hingga animasi. Namun untuk membuat semua komponen ini, gamers mesti mengikuti tutorial yang disediakan terlebih dahulu.

Jika tidak mengikuti tutorial, pengguna akan kebingungan terkait apa saja peralatan yang disediakan di "Dreams", dan bagaimana cara menggunakannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com