Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Maintenance Genshin Impact 4.0 dan Isi Update-nya

Kompas.com - 15/08/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Hoyoverse

KOMPAS.com - Hoyoverse akan merilis pembaruan (update) besar-besaran Genshin Impact 4.0 pada Selasa (16/8/2023) besok.

Dalam update ini, pemain akan bisa menikmati area baru yang disebut-sebut sebagai ibukota elemen air (Hydro), yaitu "Fontaine", serta beberapa karakter dan gameplay anyar.

Namun sebelum update tersebut dirilis, mereka akan lebih dulu melakukan proses perbaikan alias maintenance pada server Genshin Impact di berbagai belahan dunia.

Menurut pengumuman resmi yang disampaikan Hoyoverse, jadwal maintenance untuk pemain Genshin Impact di Indonesia adalah sebagai berikut: 

Jadwal maintenance Genshin Impact 4.0: Rabu, 16 Agustus 2023 pukul 05.00 WIB.

Menurut Hoyoverse, proses maintenance akan berlangsung sekitar lima jam. Dengan begitu, pengguna Genshin Impact di Tanah Air akan bisa masuk (login) ke dalam game di hari yang sama pada sekitar pukul 10.00 WIB. 

Baca juga: Update Genshin Impact 4.0 Diumumkan, Ada Map Fontaine dan Karakter Baru

Setelah proses maintenance selesai, pemain akan bisa langsung mengeklaim Primogems gratis sebagai kompensasi dari berlangsungnya proses maintenance.

Sejatinya, pemain akan mendapatkan 60 Primogems untuk setiap jam yang berlalu pada proses maintenance, dan Primogems ini langsung akan dikirimkan ke kotak masuk (inbox) pemain di dalam game. 

Karena proses maintenance berlangsung selama sekitar lima jam, maka pemain kemungkinan akan mendapatkan 300 Primogems gratis (60 Primogems x 5 jam).

Ukuran file update Genshin Impact 4.0

Karakter baru Genshin Impact 4.0 Lyney dari Fontaine.Hoyoverse Karakter baru Genshin Impact 4.0 Lyney dari Fontaine.

Selain jadwal maintenance, Hoyoverse juga mengumumkan ukuran (size) file update Genshin Impact 4.0 untuk seluruh platform, kecuali untuk PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5). 

Di platform Android dan iOS, besar file update Genshin Impact 4.0 diperkirakan mencapai 8,1 - 10,8 GB. Pantauan KompasTekno di versi Android, besar file update terbaru untuk game ini berkisar di angka 9,7 GB. 

Baca juga: Honkai Star Rail Resmi Rilis, Ini Bedanya dengan Genshin Impact dan Honkai Impact

Sementara di plaform PC, besar file update akan berkisar di angka 32-34,2 GB ketika proses unduh (download). Setelah diunduh, file tersebut akan di-unpack dan membutuhkan kapasitas media penyimpanan (storage) sekitar 64-68,4 GB.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Hoyoverse, Selasa (15/8/2023), meski pembaruan Genshin Impact dirilis sekitar Rabu siang, pengguna sudah bisa melakukan update lebih awal mulai hari ini. 

Cara memperbarui Genshin Impact ke versi 4.0 lebih awal di platform Android dan iOS bisa dilakukan melalui menu "Pre-Install Resource Package" di menu pengaturan (Settings) di dalam game.

Selain menu Settings, tombol menu tersebut juga bisa diakses dengan mengeklik ikon "Pre-Install Resource Package" yang tampil di laman login Genshin Impact.

Untuk platform PC, pengunduhan update lebih awal bisa dilakkan dengan mengeklik tombol "Game Pre-Installation Get Now" yang terletak di sebelah tombol "Launch" pada aplikasi client Genshin Impact.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com