Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Akan Tutup Toko Game Online Xbox 360 Store

Kompas.com - 18/08/2023, 08:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Xbox

KOMPAS.com - Divisi game Microsoft, Xbox akan menutup toko online untuk game-game konsol Xbox 360, yaitu Xbox 360 Store pada Juli 2024 mendatang.

Pengumuman ini disampaikan CVP Xbox Player Services, Dave McCarthy dalam sebuah unggahan di blog resmi Xbox. 

Menurut Dave, penutupan ini dilatarbelakangi oleh umur konsol Xbox 360 yang sudah tua dan peralihan strategi Microsoft untuk fokus di teknologi terbaru. 

"Banyak yang berubah sejak peluncuran Xbox 360 November 2005 atau sekitar 18 tahun lalu. Saat ini, teknologi sudah berubah dan strategi kami kini fokus untuk membuat konsol generasi teranyar Xbox Series X/S jadi perangkat hiburan terbaik di masa depan," tulis Dave. 

Baca juga: Agate Luncurkan Game Valthirian Arc: Hero School Story 2 di PC, PlayStation, dan Xbox

Lebih lanjut, Dave menjelaskan bahwa mulai 29 Juli 2024, pengguna tak bisa lagi membeli game, konten ekstra (downloadable content/DLC), dan sejumlah konten lainnya yang melibatkan Xbox 360 di konsol atau situs web marketplace.xbox.com.

Meski toko online-nya sudah tak ada lagi, game-game dan konten Xbox 360 yang telah pengguna beli di Xbox 360 Store (via konsol atau marketplace.xbox.com), masih tetap bisa diakses dan dinikmati.

Konten-konten tersebut tidak hanya masih bisa diakses di Xbox 360, melainkan juga bisa diakses di Xbox One dan Xbox Series X/S, asalkan pengguna masuk (login) menggunakan akun Xbox yang sama.  

Baca juga: Pengguna Xbox Bisa Live Streaming Game lewat Discord

Ke depannya, mulai 29 Juli 2024 nanti, pengguna akan bisa membeli game dan DLC Xbox 360 lewat situs web Xbox.com (via PC), serta toko online Xbox di konsol Xbox One dan Xbox Series X/S, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Xbox.com, Jumat (18/8/2023).

Selain toko Xbox 360 Store, Dave mengatakan bahwa aplikasi Microsoft Movies dan TV yang terpasang di Xbox 360 juga tak akan bisa diakses lagi per 29 Juli 2024 mendatang. Artinya, konten-konten yang ada di dalam aplikasi tersebut tak bisa dinikmati lagi. 

Untuk menonton film-film yang telah dibeli di aplikasi Microsoft Movies dan TV di Xbox 360, pengguna bisa mengunduh aplikasi Microsoft Movies dan TV di Windows 10 PC atau terbaru, serta di konsol Xbox One atau Xbox Series X/S.

Informasi lengkap mengenai penutupan toko Xbox 360 Store bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com