Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek Kuota Smartfren dengan Mudah, Bisa via Kode UMB, SMS, dan Aplikasi

Kompas.com - 19/08/2023, 14:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna atau pelanggan perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengakses layanan operator seluler Smartfren. Salah satunya seperti mengetahui cara cek kuota Smartfren.

Lantas, bagaimana cara cek kuota Smartfren? Cara cek kuota Smartfren itu sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah memahami cara cek kuota Smartfren. Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan caranya secara lengkap.

Baca juga: 6 Cara Cek Nomor Smartfren dengan Mudah, Bisa via Kode UMB dan SMS

Perlu diketahui, tindakan cek kuota Smartfren umum dibutuhkan ketika pengguna hendak memeriksa apakah kuota internet pada paket data yang terdaftar di nomor telepon Smartfren miliknya masih tersedia atau sudah habis.

Sebagaimana cukup umum diketahui, saat membeli paket data Smartfren, pengguna bakal diberikan dengan sejumlah kuota internet dengan besar yang berbeda-beda sesuai jenis paket yang dipilih. Kuota itu juga memiliki masa aktif yang berbeda-beda juga.

Seiring pemakaian, kuota internet Smartfren bisa habis. Bahkan, pengguna bisa lebih cepat kehabisan kuota internet Smartfren sebelum masa aktifnya berakhir. Kehabisan kuota internet Smartfren saat membutuhkan mungkin bakal merepotkan pengguna.

Pasalnya, saat kehabisan kuota internet Smartfren, pengguna tentu tak akan bisa mengakses internet lagi menggunakan jaringan seluler. Untuk mengantisipasi kehabisan kuota internet saat membutuhkan, pengguna bisa cek sisa kuota secara berkala.

Cara cek kuota Smartfren

Smartfren menyediakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa dengan mudah sisa kuota internet pada paket data yang terdaftar di nomor telepon Smartfren.

Ada beberapa cara cek kuota Smartfren yang bisa dilakukan pengguna, seperti melalui kode UMB, SMS, dan aplikasi MySmartfren. Penjelasan masing-masing cara cek kuota Smartfren tersebut bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

1. Cek kuota Smartfren via kode UMB *123#

Cara cek kuota Smartfren yang pertama adalah dengan menghubungi kode UMB di nomor *123#. Adapun cara cek kuota Smartfren via kode UMB *123# adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon di ponsel.
  • Ketik kode UMB *123#.
  • Lalu, tekan “Call/Panggil” dan bakal muncul menu layanan Smartfren.
  • Pada menu itu, pilih opsi “Info” dan “Cek Kuota”.
  • Terakhir, pengguna bakal disajikan dengan menu yang memuat informasi sisa kuota dari paket yang terdaftar di nomor telepon Smartfren terkait.

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Smartfren, Bisa via SMS, Aplikasi MySmartfren, dan Website

2. Cek kuota Smartfren via kode UMB *995#

Cara cek kuota Smartfren yang kedua ini sama seperti cara pertama, tetapi beda kode UMB yang dituju. Selain kode UMB *123#, pengguna juga bisa cek kuota internet Smartfren yang tersisa melalui kode UMB *995# dengan cara sebagai berikut:

  • Buka aplikasi panggilan atau telepon di ponsel.
  • Ketik kode UMB *995#.
  • Lalu, tekan “Call/Panggil”.
  • Selanjutnya, pengguna bakal disajikan langsung dengan menu yang memuat informasi sisa kuota dari paket yang terdaftar di nomor telepon Smartfren terkait.

3. Cek kuota Smartfren via SMS

Ketiga, pengguna bisa cek kuota internet Smartfren yang tersisa melalui SMS dengan format tertentu ke 995. Adapun cara cek kuota Smartfren via SMS ke 995 adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi pesan atau SMS di ponsel.
  • Ketika SMS dengan format “Cek” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah itu, kirim SMS dengan format tersebut ke 995.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan balasan yang berisi informasi kuota internet terkini.

4. Cek kuota Smartfren via aplikasi MySmartfren

Cara cek kuota internet Indosat yang keempat adalah dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Untuk diketahui, aplikasi MyIM3 menyediakan berbagai akses ke layanan Smartfren, termasuk informasi sisa kuota dari paket data yang terdaftar.

Adapun penjelasan mengenai cara cek kuota Smartfren via aplikasi MySmartfen adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi MySmartfren terlebih dahulu di App Store (untuk iPhone) atau Google Play Store (untuk HP Android) terlebih dahulu, jika belum punya.
  • Seandainya sudah punya, silakan buka MySmartfren di ponsel dan pastikan telah login akun dengan menggunakan nomor telepon Smartfren yang hendak dicek kuota internetnya.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi, pengguna bakal langsung bisa melihat informasi kuota internet dari paket data Smartfren yang dimilikinya.
  • Informasi kuota internet terkini itu disajikan langsung pada halaman awal aplikasi MySmartfren.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Smartfren yang Sudah Terdaftar via SMS ke 4444 dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara cek kuota Smartfren? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengantisipasi kehabisan kuota internet Smartfren secara tiba-tiba. Demikianlah penjelasan mengenai cara cek kuota Smartfren dengan mudah, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com