Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Foto Penampakan Permukaan Bulan yang Diambil Robot Penjelajah India

Kompas.com - Diperbarui 01/09/2023, 08:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - India berhasil menjadi negara pertama yang mendaratkan wahana Chandrayaan-3 di kutub selatan Bulan pada Rabu (23/8/2023) pukul 18.03 waktu India.

Pada akhir Agustus ini, Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) merilis tiga foto permukaan Bulan terbaru di akun X (dulu Twitter) dengan handle @isro.

Foto-foto ini diambil oleh robot penjelajah bertenaga matahari alias rover Pragyan pada 27 dan 30 Agustus 2023.

Pada 27 Agustus, rover Pragyan memotret permukaan bulan di dekat kawah berdiameter 4 meter. Lalu, rover juga menjepret permukaan bulan dengan jejak rover di atasnya.

Pada 30 Agustus, rover Pragyan mengabadikan dua foto pendarat Vikram yang sedang "parkir" di atas permukaan bulan. Pendarat Vikram ini merupakan robot atau wahana antariksa yang turun untuk mendarat di permukaan bulan.

India menyebut foto ini sebagai "image of the mission" atau gambar dari misi eksplorasi Bulan ini.

Foto 'image of the mission' yang diambil oleh kamera navigasi (NavCam) rover Pragyan.
X/@ISRO (Indian Space Research Organisation) Foto 'image of the mission' yang diambil oleh kamera navigasi (NavCam) rover Pragyan.

Baca juga: NASA Punya Teleskop Baru untuk Cari Kehidupan Alien di Luar Bumi

Foto ini diambil oleh kamera navigasi (NavCam) di dalam rover. NavCams untuk Misi Chandrayaan-3 dikembangkan oleh Laboratorium Sistem Elektro-Optik (LEOS).

Foto baru ini muncul sehari setelah robot penjelajah menemukan belerang di dekat kutub Selatan Bulan. Robot tersebut juga mendeteksi aluminium, kalsium, besi, kromium, titanium, mangan, silikon dan oksigen, sebagaimana diinformasikan ISRO kemarin.

Pelajari potensi air di Bulan

India mencatatkan sejarah sebagai negara yang sukses melakukan misi eksplorasi di Bulan, setelah China, Amerika Serikat, dan Eropa.

Misi utama India di Bulan adalah untuk mempelajari potensi air di Bulan. Kutub selatan Bulan yang sebagian besar belum dipetakan ini diperkirakan menyimpan sejumlah besar es air di Bulan.

Dalam eksplorasi Bulan kali ini, India meluncurkan wahanan antariksa Chandrayaan-3. Dalam misi ke Bulan kali ini, pengembangan Chandrayaan-3 telah menghabiskan biaya sebesar 6 miliar rupee atau ekitar 73 jua dolar AS.

Baca juga: 8 Planet Baru di Luar Tata Surya yang Ditemukan NASA Sepanjang 2022

Wahana antariksa Chandrayaan-3 memiliki tinggi sekitar 2 meter dan massa lebih dari 1.700 kilogram. Ukurannya kira-kira setara sebuah mobil SUV.

Wahana antariksa Chandrayaan-3 membawa rover Pragyan bertenaga matahari dan pendarat Vikram. Pendarat Vikram dan rover Pragyan mendarat dengan sukses pada 17 Agustus 2023.

Rover Pragyan, yang diukir dengan simbol Chakra Ashoka ini akan melakukan misi di permukaan Bulan dan mulai menganalisis tanah, serta bebatuan di Bulan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari NDTV, Kamis (31/8/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com