Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan TV Neo QLED 8K 96 Inci, Harga Rp 600 Juta

Kompas.com - 09/09/2023, 19:09 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung kembali memperkenalkan perangkat televisi (TV) jumbo. Produk kali ini bernama QN990C yang diagonal layarnya 98 inci dan hanya tersedia dalam pilihan ukuran super besar tersebut.

QN990C merupakan TV 8K teratas dan terbesar dari Samsung, bahkan lebih besar dibanding flagship sebelumnya keluaran tahun lalu, QN900C, yang "hanya" 85 inci.

Banderolnya pun selangit. Samsung memasarkan QN990C dengan harga 40.000 dollar AS atau lebih dari Rp 600 juta, sebanding dengan harga mobil SUV, seperti Honda CRV atau Toyota Fortuner di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan Resolusi HD, FHD, 2K, 4K, dan 8K di Layar Komputer dan Gadget

Seperti QN900C, Samsung QN990C menggunakan panel layar Neo QLED (quantum dot) dengan mini LED yang berukuran jauh lebih kecil dari backlight LED konvensional sehingga bisa menghasilkan pengaturan cahaya lebih halus dan presisi.

Selain ukuran, salah satu perbedaan lain dari kedua model ada pada kotak OneConnect yang ditiadakan di Samsung QN990C, diganti dengan rangkaian konektor di unit televisi.

Samsung QN990C turut dibekali dengan port HDMI 2.1 dan tuner ATSC 3.0 sehingga siap untuk aneka konten beresolusi tinggi yang akan datang.

Baca juga: Apa Itu Resolusi, PPI, dan Makna Huruf p di 1080p

Konten 8K sendiri masih belum tersedia untuk konsumen, baik melalui layanan streaming ataupun media fisik. Jadi, konten yang ditayangkan di Samsung QN990C mesti melalui proses upscaling alias diperbesar dari 4K atau lebih rendah ke resolusi native layar.

Untuk menangani keperluan upscaling ini, Samsung QN990C dibekali dengan Neural Quantum Processor, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Magazine, Sabtu (9/9/2023).

Masa depan televisi 8K pun masih belum jelas. Di pameran IFA 2023 di Berlin awal September 2023, misalnya, produk TV 8K hanya dipamerkan oleh Samsung. Sementara, pabrikan lainnya tidak menelurkan perangkat baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com