Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riwayat iPhone Mini Benar-benar Berakhir?

Kompas.com - 11/09/2023, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple tampaknya bakal menyetop lini iPhone Mini sepenuhnya. Setidaknya begitu menurut laporan baru Mark Gurman, orang yang seringkali memberikan bocoran soal produk dan bisnis Apple.

Menurut Gurman, stok iPhone 13 Mini semakin menipis. Di toko online Apple di Amerika Serikat (AS) misalnya, pengiriman pesanan iPhone 13 Mini, bisa sampai 2-3 minggu. Bahkan untuk beberapa varian penyimpanan iPhone 13 Mini, pengirimannya bisa sampai 6-8 minggu.

Hal itu menurut Gurman menjadi indikasi kuat bahwa Apple kemungkinan sudah menyetop produksi iPhone 13 Mini. Apalagi perusahaan sedang bersiap mengumumkan iPhone generasi baru, yang kabarnya akan bernama iPhone 15 series.

Adapun iPhone 13 Mini merupakan lini seri "Mini" terbaru yang dirilis Apple bersamaan dengan model iPhone 13 lainnya pada tahun 2021. Smartphone ini juga menjadi suksesor dari iPhone 12 Mini yang rilis tahun 2020. iPhone 12 Mini menjadi model pertama di seri "iPhone Mini".

Baca juga: iPhone 14 Plus Resmi Dirilis, Gantikan Model iPhone Mini

Setelah iPhone 13 Mini dirilis, Apple tak memperbarui lini seri Mini meskipun perusahaan meluncurkan iPhone 14 series pada September 2022. Justru, Apple merilis model baru, yakni iPhone 14 Plus, yang memiliki konsep sebaliknya.

iPhone 14 Plus memiliki ukuran yang lebih besar dari iPhone mini sekaligus versi 'reguler', yaitu 6,7 inci. Ukuran itu setara dengan ukuran layar iPhone 14 Pro Max atau iPhone 13 Pro Max.

Apabila kabar berakhirnya era iPhone Mini benar, artinya, seri tersebut hanya menelurkan dua model saja selama ini, yakni iPhone 12 Mini dan iPhone 13 Mini. Sebab, iPhone 15 series kabarnya juga tidak akan membawa model "Mini".

Empat model yang kabarnya dibawa iPhone 15 series akan sama persis dengan seri iPhone 14, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Oleh karena itu, bila Anda penggemar iPhone berukuran kecil dengan spesifikasi yang mumpuni, iPhone 13 Mini bisa menjadi opsi, selagi masih tersedia. Berdasarkan pantauan KompasTekno di sejumlah marketplace, unit baru iPhone 13 Mini sudah "tidak tersedia" atau "habis terjual".

Kemungkinan, unit iPhone 13 bekas saat ini masih bisa ditemukan di marketplace atau gerai luring dengan kisaran harga berikut.

iPhone Mini sebenarnya memiliki penggemar tersendiri karena desainnya yang ringkas. Namun data menunjukkan bahwa penjualan iPhone Mini cukup rendah bila dibanding dengan model iPhone lainnya.

Pada April 2022, firma riset CIRP memeperkirakan bahwa penjualan iPhone 13 Mini hanya berkontribusi 3 persen dari total penjualan iPhone 13 series di AS pada kuartal I-2022, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Senin (11/9/2023).

iPhone SE jadi alternatif

Ilustrasi iPhone SE 4.MacRumors Ilustrasi iPhone SE 4.

Selain iPhone Mini, Apple juga menyediakan iPhone Special Edition (SE) yang mengusung konsep sama, khususnya soal dimensi ponsel yang kecil dan ringkas.

Jadi, apabila iPhone Mini benar-benar tamat riwayatnya, pengguna masih memiliki opsi untuk memakai iPhone model SE.

Harapan ini masih ada, sebab Apple dikabarkan tengah menyiapkan iPhone SE 4. iPhone versi murah ini konon akan dirilis tahun depan atau bahkan bisa molor hingga 2025.

Menurut bocoran, iPhone SE 4 akan dibekali layar 6,1 inci dan menjadi iPhone pertama dengan chip modem 5G bikinan Apple sendiri. Ponsel ini kabarnya akan mengusung fitur Face ID seperti di iPhone X.

Bocoran lainnya yaitu bahwa iPhone SE 4 bakal hadir dengan USB-C baik untuk mengisi ulang baterai maupun transfer data. Bila ini akurat, maka iPhone SE 4 bakal menjadi iPhone SE pertama yang mengusung USB-C.

Bocoran spesifikasi iPhone SE 4 selengkapnya bisa disimak di artikel "Bocoran iPhone SE 4, Layar Mirip iPhone X dan Hanya Punya Satu Kamera Belakang".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com