Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honor V Purse Meluncur, Ponsel Lipat yang Bisa Disulap Jadi Tas Kecil

Kompas.com - 20/09/2023, 08:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Honor memperkenalkan ponsel lipat terbaru mereka, Honor V Purse, di China, Selasa (19/9/2023). Ponsel lipat ini sebelumnya dipamerkan dalam ajang tahunan IFA di Berlin pada awal September lalu.

Saat itu, Honor V Purse yang dipamerkan sebatas ponsel purwarupa alias prototype. Mulanya, karena merupakan ponsel purwarupa, Honor V Purse dinilai belum akan dirilis dalam waktu dekat. Namun, Honor V Purse kini dijual secara terbatas di China.

Secara desain, Honor V Purse bisa dibilang memiliki tampilan unik. Sebab, Honor V Purse bisa disulap menjadi sebuah "tas kecil" (purse). Hal ini dimungkinkan berkat bantuan tali rantai yang bisa dipasang di bagian atas dan bawah engsel perangkat. 

Artinya, Honor V Purse bisa dikaitkan ke bahu dan bisa dibawa-bawa dengan mudah tanpa menggunakan tangan, serta bisa dipamerkan layaknya seperti sebuah tas kecil, ketika ponsel dalam keadaan terlipat.

Selain bisa dijadikan seperti tas kecil, Honor V Purse juga merupakan ponsel lipat yang diklaim tertipis di dunia. Di atas kertas, ponsel lipat ini memiliki dimensi ketebalan 4,3 mm jika dibentangkan, dan 8,6 mm jika dilipat. 

Di samping tipis, Honor V Purse juga diklaim merupakan ponsel lipat teringan dengan bobot sekitar 214 gram. 

Baca juga: Honor Play 40S Meluncur dengan Chip Snapdragon 480 Plus, Harga Rp 2 Jutaan

Spesifikasi Honor V Purse

Ilustrasi Honor V Purse.GSMArena Ilustrasi Honor V Purse.
Honor V Purse merupakan ponsel lipat dengan mekanisme lipatan ke luar (outward). Artinya, perangkat ini berbeda dengan Galaxy Z Fold 5 atau Oppo Find N2 yang memiliki mekanisme lipatan ke dalam (inward) mirip buku.

Dengan metode lipatan outward, layar utama ponsel akan dibagi dua dan akan tampil sebagai layar terpisah (depan dan belakang) ketika ponsel dilipat. 

Soal layar, Honor V Purse mengadopsi layar OLED 7,71 inci yang memiliki resolusi 2.348 x 2.016 piksel dan refresh rate 90 Hz.

Ketika dilipat, pengguna bisa menggunakan layar yang ukurannya diperkecil menjadi 6,45 inci. Pengguna juga bisa memasang wallpaper untuk dijadikan Always On Display. Sehingga, layar ponsel seakan memiliki material dan tekstur unik, layaknya seperti sebuah tas kecil. 

Untuk aspek kamera, ada dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera ultrawide 12 MP, serta kamera selfie 8 MP yang dimuat dalam modul punch hole.

Ilustrasi Honor V Purse.GSMArena Ilustrasi Honor V Purse.

Kedua kamera belakang di Honor V Purse disusun secara vertikal, dan akan bisa dipakai menjadi kamera untuk berswafoto apabila ponsel sedang dalam keadaan dilipat (kamera akan terletak di sebelah layar). 

Untuk sektor performa, Honor V Purse ditenagai dengan chipset Snapdragon 778G dan dipadukan dengan RAM 16 GB serta media penyimpanan 256 GB atau 512 GB. 

Baterai ponsel lipat ini memiliki kapasitas 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 33 watt via konektor USB-C.

Baca juga: Pengguna iPhone sejak 2008 Kini Kepincut HP Lipat Android

Untuk software, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka MagicOS 7.2, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (20/9/2023).

Honor V Purse hanya tersedia di pasar China secara terbatas dengan harga 6.000 yuan (sekitar Rp 12,6 juta) untuk varian 16 GB/256 GB atau 6.600 yuan (sekitar Rp 14 juta) untuk varian 16 GB/512 GB.

Tidak disebutkan apakah ponsel lipat ini akan dijual di pasar lain di luar China atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com